Umar Puja Kesuma, S.Pd.

Muaradua - Sumatera Selatan



BISNIS GURU adalah blog yang didedikasikan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia dan sharing seputar dunia bisnis. Simak terus artikel-artikel menarik dari blog ini dan silakan mengambil manfaatnya.Salam Istimewa!

"Raih semua impian dan cita-citamu dengan cara paling sederhana tetapi dahsyat hasilnya, yaitu SEDEKAH"




Menjadi Kepala Sekolah: Antara Anugerah dan Bencana

Diposkan oleh Umar Puja Kesuma, S.Pd. On 1/22/2011 12:15:00 PM

Kepala Sekolah adalah jabatan yang sangat strategis di lingkungan sekolah. Ibarat perusahaan dia adalah manajernya, ibarat kapal ia adalah nakhodanya, dan ibarat kereta dia adalah masinisnya. Singkat kata Kepala Sekolah adalah The Man of Maker roda kehidupan di sekolah. Baik buruknya pengelolaan suatu sekolah ada pada tangan dingin dan otak jernih sang Kepala Sekolah.

Begitu vitalnya peran seorang Kepala Sekolah hingga sebagian besar guru begitu mengimpi-impikan jabatan tersebut. Ada persepsi umum bahwa dengan menjadi Kepala Sekolah akan menaikkan status sosial, banyak relasi, memiliki kekuasaan, dan sebagian kecil diantaranya mempersepsikan Kepala Sekolah otomatis banyak uangnya.

Padahal tentu tidak serta merta persepsi tersebut dapat dibenarkan ataupun disalahkan. Ada baiknya dalam menilai suatu persepsi mengutamakan unsur objektifitas berdasarkan realita yang ada. Jangan sampai terjebak pada alur persepsi yang keliru hanya dikarenakan penilaian secara parsial dan subjektif.

Mari sejenak membuka diri dan cakrawala berpikir untuk bersama membedah maksud judul artikel ini. Pada judul tersebut terdapat dua variabel yaitu ”anugerah” dan ”bencana” yang melekat pada jabatan Kepala Sekolah. Betulkah demikian?


Menjadi Kepala Sekolah adalah Anugerah

Realita menunjukkan bahwa Jabatan Kepala Sekolah memang memberikan efek berbeda dan cukup signifikan pada profil penyandangnya. Bila sebelumnya ia kurang dikenal mendadak menjadi terkenal; Memiliki banyak relasi terutama di bidang pendidikan; Memiliki kekuasaan untuk mengatur dan mengendalikan roda kehidupan di sekolah; Memiliki kewenangan dalam hal anggaran sekolah; Mengangkat status sosial di mata masyarakat. Dan lain sebagainya yang tentunya kesemuanya mengarah pada pemenuhan nilai tambah pada diri sang Kepala Sekolah.

Hal itulah yang dikatakan sebagian orang sebagai sebuah anugerah, yaitu sebuah nilai kebaikan yang seolah-olah datang dari langit dan patut disyukuri. Hingga tidak mengherankan bila banyak guru yang berambisi mengejar jabatan tersebut. Baik dengan cara yang lumrah sesuai dengan prosedur yang ada, maupun dengan cara-cara yang sedikit kotor. Misalnya dengan menjilat atasan, sikut sana sikut sini, nepotisme, kolusi, menyuap dan lain sebagainya. Memang patut disayangkan, namun itulah realita kehidupan dan warna-warni pribadi manusia yang turut mewarnai ranah pendidikan di negeri ini.



Menjadi Kepala Sekolah adalah Bencana


Posisi strategis sebagai pengandali sekolah otomatis menuntut adanya sikap, pemikiran, dan perlakuan yang ekstra dari Kepala Sekolah. Setiap saat akan sibuk dengan berbagai rencana-rencana dalam mewujudkan visi dan misinya. Sibuk dengan berbagai masalah baik masalah di kalangan siswa, antarguru, dan juga dengan atasan yang kesemuanya menuntutk penyikapan yang bijaksana. Terkadang pula bekerja tanpa kenal waktu yang pada akhirnya merampas hak-hak pribadinya untuk hidup secara normal. Kesalahan dalam pengelolaan keuangan sekolah juga dapat menjadi bumerang yang sewaktu-waktu siap menyeretnya masuk penjara. Dan satu lagi, seorang teman yang kebetulan seorang Kepala Sekolah mengatakan bahwa ”
Ketika seseorang menjadi Kepala Sekolah itu ibarat masuk dalam lingkaran setan”. Apa maksudnya? Ini terkait dengan praktik suap-menyuap yang sudah mendarah daging di negeri ini. Sangat sulit untuk menghindar dari praktik seperti itu karena taruhannya adalah kelangsungan hidup sekolah yang dipimpin. Bila ’keukeuh’ dengan idealisme pribadi, maka lambat laun ’tamatlah’ riwayat sekolahnya. Program-program sekolah yang terkait dengan pembiayaan dari pemerintah akan macet begitu pula dengan bantuan-bantuan yang bersumber dari anggaran negara.

Demikian sulit dan beratnya beban yang harus ditanggung dan dijalankan oleh seorang Kepala Sekolah sehingga ada yang mempersepsikan bahwa Jabatan Kepala Sekolah sama dengan sebuah bencana. Tidak ada yang menarik dari sebuah istilah bernama ”bencana”. Yang ada justru setumpuk kesedihan, kegelisahan, ketakutan, kesakitan, dan perasaan tidak menyenangkan lainnya yang datang silih berganti.

Sebelum mengakhiri tulisan ini, saya ingin menyuguhkan sebuah persepsi umum lain kepada Anda bahwa jabatan apapun itu akan selalu diiringi dengan resiko. Para profesional sering mengatakan hal tersebut dengan kalimat pendek ” itulah resiko sebuah pekerjaan ”. Artinya, bila Anda takut dengan resiko, berarti Anda jangan pernah coba-coba mengambil jabatan/pekerjaan tersebut. Sekarang kembali kepada Anda, ada di persepsi mana Anda menempatkan diri.




44 Response to "Menjadi Kepala Sekolah: Antara Anugerah dan Bencana"

  1. Wawan Said,

    Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

     

  2. Wawan Said,

    yang jelas kita harus tetap profesional menjalankan amanah dengan sebaik baiknya. wawanherdianto.com

     

  3. Agus Siswoyo Said,

    Manakala kita mendapat amanah orang lain, ibaratnya sedang berjalan di jembatan sirotol mustaqim. Surga dan neraka jaraknya tipis. Namun kalau kita bisa menyikapi dengan bijak, bukan tidak mungkin jabatan tersebut akan menjadi lahan ibadah yang mampu memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

    Selamat datang kembali di dunia blogging. :)

     

  4. hehe .... tergantung dengan motifnya, pak, mau cari jabatan atau memang ingin meningkatkan mutu sekolah. sepertinya tangan seorang kepala sekolah memang memegang madu dan racun sekaligus.

     

  5. @ Wawan
    Memang demikian seharusnya, pak.

    @ Agus Siswoyo
    Retorika positifnya memang demikian Mas Agus. Tapi sangat jamak retorika berbanding terbalik dengan fakta manakala si pembuat retorika menjalaninya sendiri. Sangat sulit memang, tapi bukan tidak mungkin.

    @ Sawali Tuhusetya
    Ya Pak. Motif memang mendominasi dalam hal ini. Harapannya tentu agar lebih banyak yang bermotif baik daripada yang sebaliknya.

     

  6. alifawn Said,

    permisi... numpang promo ya^^
    Dapat BONUS Rp200.000 langsung cuma dengan bikin akun...!!
    klik
    http://www.penasaran.net/?ref=xp8pyy
    isi nama dan email dengan benar, lalu klik enter
    dijamin 100% bukan jebakan...!

     

  7. Anonim Said,

    yaah saya sependapat dengan tulisan ini, tetapi apapun yang kita kerjakan selalu ada resiko. Kita hendaknya selalu eling dan waspada, semoga Tuhan selalu memberi kita jalan yang benar menuju ke ke arah yang lebih baik daripada sebelumnya... Tiada kebahagiaan tanpa penderitaan,,, selamat"""

     

  8. Thank you for interesting and useful info, o yes nice blog
    jual sprei murah
    grosir bed cover murah

     

  9. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

     

  10. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

     

  11. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

     

  12. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

     

  13. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

     

  14. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

     

  15. foredi Said,

    Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

     

  16. foredi aceh Said,

    Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimakasih

     

  17. foredi ambon Said,

    Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

     

  18. foredi bali Said,

    Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

     

  19. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

     

  20. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

     

  21. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

     

  22. foredi bogor Said,

    Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

     

  23. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

     

  24. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

     

  25. Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

     

  26. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

     

  27. Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

     

  28. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

     

  29. Foredi Said,

    Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

     

  30. foredi gel Said,

    Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

     

  31. Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

     

  32. foredi depok Said,

    Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimaksih

     

  33. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

     

  34. Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

     

  35. foredi jambi Said,

    Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

     

  36. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

     

  37. Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

     

  38. Terimakasih Info dan Artikelnya. Wajib dicoba

     

  39. Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sanagt bermanfaat.

     

  40. Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

     

  41. Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

     

  42. Sangat Amazing Artikel dan Info. Wajib di coba.

     

  43. mantap artikelnya gan, semoga sukses

     

  44. orbitiklan Said,

    butuh tanggung jawab yang besar untuk menjadi kepala sekolah.

     

Poskan Komentar

STATUS BG

DAFTAR ISI BG