Selasa, 09 Maret 2010

Mengenal Berbagai Tipe Belajar Siswa (Bagian 1)

Manusia diciptakan beraneka ragam bentuk, sifat, minat, bakat, dan lain sebagainya. Keanekaragaman hasil ciptaan Tuhan ini adalah sunatullah yang harus disyukuri. Betapa tidak, andai saja manusia diciptakan seragam, dapat dibayangkan alangkah susahnya proses interaksi antarmanusia. Penyebabnya adalah bisa jadi antarmanusia tersebut tidak saling mengenal ciri khas satu sama lain. Sehingga sangat sulit membedakan antara Si A dan Si B.

Dalam konteks pendidikan, keanekaragaman tersebut dapat ditemui dalam hal tipe-tipe belajar siswa. Para ahli di bidang pendidikan menemukan fakta bahwa setiap individu siswa memiliki tipe belajarnya sendiri-sendiri. Tipe-tipe belajar tersebut cenderung berbeda satu sama lain (walaupun ada juga yang sama). Fakta tersebut selanjutnya menjadi acuan bagi para guru dalam menentukan metode pembelajaran apa yang sekiranya cocok diterapkan dikelasnya. Hal ini menjadi penting mengingat sebuah kelas terdiri dari sekumpulan individu yang berbeda. Dengan demikian, sangat dimungkinkan terdapat beraneka ragam tipe belajar di dalamnya. Alangkah tidak bijak jika guru hanya menggunakan satu metode mengajar saja secara monoton dalam setiap KBM-nya. Dengan kata lain, guru tersebut terindikasi hanya mengakomodasi salah satu dari sekian banyak tipe belajar siswanya.

Untuk itu, guru profesional adalah guru yang mengajar dengan multimetode dan multigaya. Namun demikian, penerapan multimetode pengajaran tidak bisa sembarangan. Guru profesional tetap harus melakukan pengidentifikasian dahulu terhadap tipe-tipe belajar siswanya. Pengidentifikasian ini pada awalnya bisa menyulitkan, namun akan menjadi mudah jika telah terbiasa. Berikut adalah sedikit panduan mengidentifikasi tipe-tipe belajar siswa melalui pengenalan ciri dan sifatnya.

Tipe Belajar Visual
Bagi siswa yang bertipe belajar visual, yang mememgang peranan penting adalah mata / penglihatan visual ), dalam hal ini metode pengajaran yang digunakan guru sebaiknya lebih banyak / ititikberatkan pada peragaan / media, ajak mereka ke obyek-obyek yang berkaitan dengan pelajaran ersebut, atau dengan cara menunjukkan alat peraganya langsung pada siswa atau menggambarkannya di papan tulis.

Ciri-ciri Tipe Belajar Visual :


  • Bicara agak cepat
  • Mementingkan penampilan dalam berpakaian/presentasi
  • Tidak mudah terganggu oleh keributan
  • Mengingat yang dilihat, dari pada yang didengar
  • Lebih suka membaca dari pada dibacakan
  • Pembaca cepat dan tekun
  • Seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan, tapi tidak pandai memilih kata-kata
  • Lebih suka melakukan demonstrasi daripada pidato
  • Lebih suka musik dari pada seni
  • Mempunyai masalah untuk mengingat instruksi verbal kecuali jika ditulis, dan seringkali minta bantuan orang untuk mengulanginya
  • Mengingat dengan Asosiasi Visual

Tipe Belajar Auditif
Siswa yang bertipe auditif mengandalkan kesuksesan belajarnya melalui telinga ( alat pendengarannya ), untuk itu maka guru sebaiknya harus memperhatikan siswanya hingga ke alat pendengarannya. Karena akan sia-sialah guru yang menerangkan kepada siswa tuli, walaupun guru tersebut menerangkan dengan lantang , jelas dan dengan intonasi yang tepat.

Ciri-ciri Tipe Belajar Auditif :


  • Saat bekerja suka bicaa kepada diri sendiri
  • Penampilan rapi
  • Mudah terganggu oleh keributan
  • Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan dari pada yang dilihat
  • Senang membaca dengan keras dan mendengarkan
  • Menggerakkan bibir mereka dan mengucapkan tulisan di buku ketika membaca
  • Biasanya ia pembicara yang fasih
  • Lebih pandai mengeja dengan keras daripada menuliskannya
  • Lebih suka gurauan lisan daripada membaca komik
  • Mempunyai masalah dengan pekerjaan-pekerjaan yang melibatkan Visual, seperti memotong bagian-bagian hingga sesuai satu sama lain
  • Berbicara dalam irama yang terpola
  • Dapat mengulangi kembali dan menirukan nada, berirama dan warna suara

Tipe Belajar Kinestetik 
Siswa yang bertipe belajar ini belajarnya melalui gerak dan sentuhan. Ciri-ciri Tipe Belajar Kinestetik :
  • Berbicara perlahan
  • Penampilan rapi
  • Tidak terlalu mudah terganggu dengan situasi keributan
  • Belajar melalui memanipulasi dan praktek
  • Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
  • Menggunakan jari sebagai petunjuk ketika membaca
  • Merasa kesulitan untuk menulis tetapi hebat dalam bercerita
  • Menyukai buku-buku dan mereka mencerminkan aksi dengan gerakan tubuh saat membaca
  • Menyukai permainan yang menyibukkan
  • Tidak dapat mengingat geografi, kecuali jika mereka memang pernah berada di tempat itu
  • Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka Menggunakan kata-kata yang mengandung aksi

Tipe Belajar Taktil 

Taktil artinya rabaan atau sentuhan. Siswa yang seperti ini penyerapan hasil pendidikannya melaui alat peraba yaitu tangan atau kulit.
Contoh : mengatur ruang ibadah, menentukan buah-buahan yang rusak (busuk)


Tipe Belajar Olfaktoris
 
Keberhasilan siswa yang bertipe olfaktoris , tergantung pada alat indra pencium, tipe siswa ini akan sangat cepat menyesuaikan dirinya dengan suasana bau lingkungan. Siswa tipe ini akan cocok bila bekerja di : laboratorium

Tipe Belajar Gustative
 
Siswa yang bertipe gustative ( kemampuan mencicipi ) adalah mereka yang mencirikan belajarnya lebih mengandalkan kecapan lidah. Mereka akan lebih cepat memahami apa yang dipelajarinya melalui indra kecapnya.

Tipe Belajar Kombinatif
 
Siswa bertipe kombinatif adalah siswa yang dapat dan mampu mengikuti pelajaran dengan menggunakan lebih dari satu alat indra.Ia dapat menerima pelajaran dangan mata dan telinga sekaligus ketika belajar. Karena banyak ragam tipe belajar siswa, maka kita sebagai pendidik hendaknya mengenali betul anak didik kita dan hendaknya pendidik memiliki berbagai metode mengajar, agar siswa dapat menerima atau mengerti apa yang disampaikan oleh gurunya dengan seefektif dan seefisien mungkin.

Catatan Penting!

  1. Adakalanya siswa terlihat bosan mengikuti pembelajaran dikelas. Kenapa demikian? Salah satunya disebabkan ketidakselarasan antara metode pengajaran dengan tipe belajar yang dimiliki siswa.
  2. Kemajemukan tipe belajar siswa bukan berarti guru harus menggunakan beraneka macam metode mengajar dalam satu kali tatap muka. Cukup satu atau dua namun bervariasi sesuai dengan materi pelajaran yang diberikan.
  3. Keberhasilan belajar tidak dapat dinilai hanya pada hasil belajar, melainkan juga proses belajar yang menyertainya. Ini sekaligus mendidik agar siswa tidak terkontaminasi mindset serba instan.

Salam Istimewa!


59 komentar:

  1. setuju banget, pak. dengan tipe belajar siswa yang beragam, idealnya guru menggunakan model pembelajaran yang variatif, sehingga mampu melayani dan sekaligus mengembangkan potensi siswa sesuai dengan tipenya masing2. sayangnya, selama ini tipe dan gaya belajar anak cenderung dikebiri dan diabaikan.

    BalasHapus
  2. Mas di komputerku klo buka blog mas selalu di peringati ada virus di urlnya mas alie yusri, untuk sementara tolong di delete dulu mas ato konfirm ke mas aliyusri. Dan mengenai hala ini saya sangat terimakasih sekali dan pelajaran tentang ini sangat bermanfaat untuk saya secara pribadi untuk bahan pertimbangan nanti ketika anak saya sekolah, terimakasih tipsnya, salam sukses selalu Mas Guru

    BalasHapus
  3. Sepertinya type kombinatif paling ideal ya mas, tapi kalo dari pengalaman mas umar sendiri sebagai tenaga pengajar, type mana yang paling efektif dan sebaiknya diterapkan untuk sistem belajar mengajar di negara kita ?,. Thanks :)

    BalasHapus
  4. informasi yang mantap pak guru...!

    BalasHapus
  5. Menurut saya, kebanyakan blogger adalah pembelajar visualis. Mereka tiap hari berkutat dengan ebook dan artikel blog.

    BalasHapus
  6. trims infonya pak umar. oia kenapa pas buka postingan ini, sebelum direadmore banyak sekali "bullet"nya, jadi kurang nyaman di lihatnya mas,....hehe

    BalasHapus
  7. Lama tidak berkunjung ke sini,blognya mas Umar makin mantap aja nih. Kalau saya disuruh milih tentu milih kombinasi antara tipe visual dan auditif. Salam sukses.

    BalasHapus
  8. Kalau untuk proses pembelajaran orang dewasa kira-kira cocoknya tipe yang mana yamas....
    Salam Petani Indonesia.

    BalasHapus
  9. Kalau saya tipe visual mas Umar. Hehehe...

    BalasHapus
  10. terima kasih mas umar atas artikelnya kalu saya sepertinya tipe apa ya..aku mau baca ulang lagi
    salam kenal,dan salam persahabatan

    BalasHapus
  11. karena setiap murid memiliki cara belajar masing-masing, maka guru juga mesti mengajar dengan bermacam-macam cara tersebut, tetapi sebenarnya akan lebih efektif jika mengajar yang sesuai dengan type belajar muridnya karena muridnya akan sukses dengan cara belajar yang cocok, guru juga lebih efektif dalam mengajar. Tetapi masalahnya bagaimana dengan murid yg tidak matching dengan cara mengajar yg diterapkan, untuk meningkatkan keberhasilan pendidikan apakah sebaiknya murid-murid dikelompokkkan sesuai dengan type belajarnya...?

    BalasHapus
  12. Selamat atas pernikahan mas Umar. Semoga menjadi keluarga sakinah, mawadah, warohmah. Bagi-bagi resepnya dong biar yang jomblo ini bisa segera menyusul. Hehehe...

    BalasHapus
  13. Wah kalo belajar tipe saya apa ya??? hemm sepetinya visual niy,,, Salam kenal mas Umar, selamat atas pernikahanya..

    BalasHapus
  14. Itu benar sekali mas, banyak karakteristik tipe murid tuh berbeda-beda.
    Saya waktu itu pernah membaca buku tentang bagaimana cara mengajar kalau tidak salah bukunya itu Quantum Teaching Learning disitu lengkap semua mas mulai dari yang penting sampe yang tetek bengeknya mas.

    Salam kenal yah mas.

    BalasHapus
  15. Ha, informasi yang bagus! thanks :)

    BalasHapus
  16. guru yang mantap,.. mengerti dengan kondisi murid2nya....

    BalasHapus
  17. @ sawali tuhusetya
    Ya Pak, hal tersebut disebabkan guru yang kurang wawasan. Mudah-mudahan kedepan guru-guru di Indonesia mampu berubah, terutama dalam hal pelayanan pendidikan.

    @ Blog Bisnis Muklis
    Mudah-Itu yang saya harapkan Mas. Mudahan-mudahan artikel ini membawa pencerahan dan manfaat.

    @ Ricky
    Betul Mas Ricky, saya juga menggunakan type tersebut.

    @ mr-mung
    Terimakasih banyak Pak Guru.

    @ agus.siswoyo@agussiswoyo.com
    Bisa jadi demikian Mas Agus.

    @ Wiwit Yudiantara, S.Pd
    Terimakasih atas kritikannya Mas, akan diperbaiki.

    @ Sugiana Hadisuwarto
    Pilihan yang cerdas, Pak!

    @ Saung Tani
    Tetap kembali kepada individu masih-masing Pak. Tidak bisa digeneralisir, karena setiap individu memiliki ciri khas.

    @ arief maulana
    Oya!!...boleh-boleh.

    @ blogger admin
    Semoga bisa menemukannya, Pak.

    @ david
    Idealnya memang demikian, Pak. Tapi sepertinya masih sulit untuk direalisasikan di sekolah-sekolah. Kalau untuk privat masih mungkin.

    @ Agus Siswoyo
    Terimakasih banyak Mas Agus. Gak ada resep apa2 koq Mas, semua mengalir saja

    @ Agus Supriatna
    Terimakasih Mas Agus. Salam kenal balik

    @ joko susilo
    Terimakasih Pak Joko.

    @ Harits Mugni N
    Ya Pak Haris, saya juga pernah membaca buku tersebut.

    @ ArdianZzZ
    Thanks..too guys

    @ tips beli rumah
    Insya Alloh...

    @ sari
    Thanks...meluncur...

    BalasHapus
  18. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  19. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimaksih

    BalasHapus
  20. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

    BalasHapus
  21. Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  22. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

    BalasHapus
  23. Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

    BalasHapus
  24. Terimakasih Info dan Artikelnya. Wajib dicoba

    BalasHapus
  25. Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  26. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  27. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  28. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  29. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  30. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  31. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  32. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  33. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  34. Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

    BalasHapus
  35. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  36. Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  37. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    BalasHapus
  38. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    BalasHapus
  39. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  40. Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

    BalasHapus
  41. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimaksih

    BalasHapus
  42. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

    BalasHapus
  43. Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

    BalasHapus
  44. Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  45. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

    BalasHapus
  46. Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

    BalasHapus
  47. Terimakasih Info dan Artikelnya. Wajib dicoba

    BalasHapus
  48. Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sanagt bermanfaat.

    BalasHapus
  49. Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

    BalasHapus
  50. Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

    BalasHapus
  51. Sangat Amazing Artikel dan Info. Wajib di coba.

    BalasHapus
  52. terima klasih atas info nya .

    BalasHapus
  53. ilmunya lumayan bermanfaat, tapi tolong blog diperbaiki agar tulisan dapat terbaca dan blog menarik untuk di ikuti..

    BalasHapus
  54. artikel ini sangat bermanfaat ,btw check link ini http://vipbet88.org/ http://taruhan789.com/ http://bgselalu.com/ thanks

    BalasHapus
  55. @unknown : setuju. biar bisa lebih bermanfaat lagi...
    Kunjungi blog saya juga. banyak informasi yang menarik tentang bola yang dapat menambah wawasan Anda semua
    Bandar Bola dan Agen Bola

    BalasHapus
  56. Terkadang kan ada banyak guru yang mengajarnya terlalu cepat dan bahkan sulit sekali murid untuk memahaminya. sebagai sesama guru menurut pendapat Bapak/Ibu gimana ya ? Mohon infonya Tq

    BalasHapus
  57. Setiap siswa memiliki cara pandang untuk belajar yang berbeda-beda. Jadi saya rasa itu merupakan hal yang wajar saja

    BalasHapus