Profil

Umar Puja Kesuma, S.Pd.

Muaradua - Sumatera Selatan



BISNIS GURU adalah blog yang didedikasikan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia dan sharing seputar dunia bisnis. Simak terus artikel-artikel menarik dari blog ini dan silakan mengambil manfaatnya.Salam Istimewa!

"Raih semua impian dan cita-citamu dengan cara paling sederhana tetapi dahsyat hasilnya, yaitu SEDEKAH"




Guru Kencing Berdiri (cemen!), Murid Kencing Berlari (keren!)

Diposting oleh Umar Puja Kesuma, S.Pd. On 2/15/2010 05:50:00 PM

Ada sebuah anekdot lawas yang sering digunakan sebagai sindiran satir berbunyi: “Guru kencing berdiri, murid kencing berlari”. Anda sudah familier kan dengan kalimat tersebut? Saya yakin demikian. Entah siapa sebenarnya sang pemilik hak paten kalimat tersebut, yang jelas kalimat tersebut cukup populer dikalangan akademik maupun nonakademik. Nah, kalau boleh bertanya, apa sih penafsiran Anda tentang kalimat tersebut? (Jawab di kolom komeng, ya!)

Di sini saya ingin menukil kalimat tersebut sebagai senjata untuk menguak makna dari sisi yang berbeda. Maksudnya adalah, mencoba memainkan logika berpikir kritis terkait kalimat di atas. Begini, ada persepsi umum di kalangan siswa maupun guru itu sendiri bahwa seorang guru pasti lebih pintar daripada siswanya. Bahwa siswa selalu pada posisi inferior dibandingkan gurunya. Dan guru umumnya selalu memosisikan diri sebagai seorang superior. Terbukti, sangat jarang guru yang mau mengakui dirinya sebagai guru “bodoh”. Walaupun aslinya memang bodoh (hehe…). Kenapa demikian? Jawabannya sangat simpel. “Kalau gurunya ‘goblok’ , apalagi siswanya?” memakai manalogi guru kencing berdiri).

Nah, sekarang mari kita letakkan pada konteks asal bahwa (katanya) guru selalu lebih pintar daripada siswanya. STOP!! Jangan teruskan membaca!!!....(baca sekali lagi kalimat yang ditebalkan, dan renungkan!)

Hasilnya adalah bohong besar kalau guru selalu lebih pintar daripada siswanya. Yang ada justru siswa selalu lebih pintar daripada gurunya. Ini jika kita membenarkan kalimat “Guru Kencing Berdiri, Murid Kencing Berlari”.

Logikanya, jika Guru kencing berdiri, murid kencing berlari sama saja artinya siswa lebih canggih daripada gurunya. Lho! Kok bisa? Ya jelas lah, kan kencing berlari lebih hebat dan lebih “keren” daripada kencing cuma berdiri. Jadi, memang benar kan bahwa siswa sebenarnya selalu lebih pintar daripada gurunya.

* * *

Mohon maaf jika Anda merasa kurang nyaman membaca posting kali ini yang sarat dengan istilah-istilah kamar kecil. Ini disengaja karena memang saya tidak sanggup merubah redaksi kalimat tersebut menjadi lebih halus/sopan. Jika pun dipaksakan, misalnya: “Guru pipis berdiri, murid pipis berlari” atau “Guru buang air kecil berdiri, murid buang air kecil berlari” maka maknanya pun tidak lagi sedahsyat jika tetap menggunakan redaksi aslinya. Jadi sekali lagi mohon maaf dan mohon maklum.

Namun sejatinya, ada pesan moral yang tetap ingin saya sampaikan pada kesempatan ini. Khususnya kepada rekan-rekan guru, umumnya kepada seluruh orangtua. Bahwa sudah bukan zamannya lagi guru harus merasa lebih pandai daripada siswa. Sehingga tidak layak lagi guru menganggap dirinya sebagai superior dan mahatahu. Setidaknya ada dua alasan untuk mengatakan demikian. Pertama: era keterbukaan informasi saat ini membuka peluang besar bagi siswa untuk mengakses ilmu/informasi tidak hanya dari sekolah, melainkan dari berbagai media informasi yang ada. Kedua: sejatinya, guru hanya bisa dianggap pandai pada satu sisi saja (misalnya bidang studi yang dia ajarkan) tapi pada sisi yang lain bisa jadi statusnya masih sama dengan siswanya bahkan mungkin lebih rendah. Sedangkan, sangat sering saya temukan siswa yang kurang pandai dalam hal pelajaran namun sangat pandai dalam hal yang lain, misalnya olahraga, musik, teknik, dll.

Jadi, sebagai guru mari kita gali potensi tersembunyi dari anak-anak kita dan kita kawal perkembangannya hingga mereka bisa bangga menjadi dirinya sendiri.


Salam Istimewa!







135 Response to "Guru Kencing Berdiri (cemen!), Murid Kencing Berlari (keren!)"

  1. Agus Siswoyo Said,

    Naudzubillah, itu gambar asli mas?

     

  2. Bundapreneur Said,

    Astghfirullah,mas serem ah gambarnya,sampe g jd konsen bc artikelnya

     

  3. @ Agus Siswoyo
    Gak tau juga.

    @ Bundapreneur
    Hehe...kok malah jadi konsen ke gambarnya sih.

     

  4. wkwkwkwkwk.... gambarnya aneh... sepertinya bisa-bisa orang salah paham.. mending picnya ganti daripada buat personal brand jadi ancur wkwkwkwkwk saran doang mas

     

  5. fadly muin Said,

    ini analogi yang menarik dan kritis.
    pemahaman yang sempit terhadap analogi guru kencing berdiri, murid kencing berlari. bisa membawa kita kepada persepsi negatif. padahal tidak selalu begitu.

    yang ingin saya garis bawahi murid memiliki peluang yang lebih daripada gurunya.

     

  6. gambarnya keren ....
    kho bisa ya...

     

  7. Eltoro Said,

    Setuju, murid lebih pintar bila meng-iya-kan peribahasa tersebut. Bahkan sekarang guru TIK bisa kah oleh murid. murid punya blog, guru belum

     

  8. sebaiknya gambarnya diganti yang lebih sopan (hanya saran)..Anda seorang guru khan? tentu lebih tahu :)

     

  9. evan Said,

    wew.. dapat gambar darimana? yg perlu dipertanyakan .. koq bisa salah masuk ke toliet pria ya?? hehehehe.. overall, this is a nice article.. setidaknya bisa menggugah para guru untuk terus mengembangkan diri

     

  10. @ Arief Rizky Ramadhan
    Mudah-mudahan tidak ada yang salah paham, Mas. Terimakasih sarannya, akan dipertimbangkan

    @ fadly muin
    Ya, pemahaman sempit hanya akan memunculkan masalah baru.

    @ dadang firdaos
    Tidak tahu kenapa bisa begitu.

    @ Eltoro
    Berarti sudah saatnya guru harus mengupgrade ilmunya.

    @ Ahmad Subandono
    Begitukah?

    @ evan
    Gambar hasil searching dari google, Mas.
    Trims.

     

  11. PERMOHONAN MAAF
    Dengan sangat menyesal, BISNIS GURU mohon maaf atas ketidaknyamanan para penyimak artikel ini beberapa waktu yang lalu dengan ditampilkannya ilustrasi gambar yang dianggap kurang layak.
    Gambar tersebut adalah hasil pencarian melalui web google dengan mengetikkan kata tertentu yang berkaitan dengan keyword artikel ini.
    Dan saat ini, artikel ini telah tampil kembali dengan gambar yang insya Allah lebih nyaman dilihat. Mudah-mudahan, Anda lebih bisa menikmati artikel ini.
    Terimakasih atas semua saran, masukan, dan perhatian pembaca.

    Salam Istimewa!

     

  12. grubik Said,

    lhah, emang kemaren gambare gimana sih?
    sungguh mati aku jadi penasaraan...

     

  13. evan Said,

    two thumbs up,, berani menerima saran dan kritik,, hehehehe,, gambar yg itu disimpan aja pak guru

     

  14. jangan mau kalah sama muridnya dong mas umar... wkwkwk.

    Guru kencing naik pesawat jet... (lebih cepet dari muridnya yg berlari)... Just kidding :D

     

  15. @ gubrik
    Gambarnya gak bagus, Mas. Menggaggu kesehatan mata.

    @ Evan
    Oce2.Thanks a lot

    @ Arief Maulana
    Hehe....harus donk Mas. Tapi tetep sportif saja. Guru kan juga manusia, sama dengan murid.

    Btw, mau kencing aj kok repot. Naik pesawat jet segala, wkwkwk...

     

  16. Ricky Said,

    Yup, pemaparan yang cukup bisa menggambarkan bahwa seorang murid bisa terus mengembangkan ilmu yang sudah didapat dari seorang guru, kebalikannya dengan sang guru.

    Nice article mas umar :)

     

  17. TuSuda Said,

    Pesan Moral dari Peribahasa ini sebagaipenggugah semangat agar setiap GURU berkewajiban memberikan contoh, suri tauladan terbaik bagi perkembangan intelektual dan emosional sesuai karakter setiap murid. Saat ini sangat diperlukan pendidikan budi pekerti yg lebih intensif melalui teladan para pemimpin seperti teladan seorang Guru.
    Salam Kenal, ini kunjungan perdana. Salam semangat Berbagi Bersama...

     

  18. pertanyaan yang menarik, mas. menurutku, idiom tsb lebih mengarah ke sudut pandang etika, khususnya dalam soal keteladanan. dari perspektif pengetahuan, memang benar, guru bisa jadi malah tertinggal dalam soal informasi pada era kesejagatan seperti sekarang.

     

  19. @ Ricky
    Sebuah paradoks yang terkadang perlu untuk direnungkan. Selama bernilai positif dan bermanfaat.

    @ Tusuda
    Salam kenal kembali Pak Tusuda.
    Saya sepakat dengan Anda, bahwa keteladanan dari seorang guru tetap penting, untuk saat ini, masa yang akan datang, dan selamanya.
    Mari kita jaga baik-baik kepercayaan ini.

    @ Sawali Tuhusetya
    Tembakan analisis yang tepat, Pak. Memang sejatinya idiom ini hanya menyentuh ranah afektif. Namun, ternyata masih bisa dipersepsi dari segi yang lain. Demi menyebarkan virus kebaikan dan perbaikan untuk teman-teman seprofesi. Agar tetap berjalan pada koridor yang semestinya.

     

  20. @ Ricky
    Sebuah paradoks yang terkadang perlu untuk direnungkan. Selama bernilai positif dan bermanfaat.

    @ Tusuda
    Salam kenal kembali Pak Tusuda.
    Saya sepakat dengan Anda, bahwa keteladanan dari seorang guru tetap penting, untuk saat ini, masa yang akan datang, dan selamanya.
    Mari kita jaga baik-baik kepercayaan ini.

    @ Sawali Tuhusetya
    Tembakan analisis yang tepat, Pak. Memang sejatinya idiom ini hanya menyentuh ranah afektif. Namun, ternyata masih bisa dipersepsi dari segi yang lain. Demi menyebarkan virus kebaikan dan perbaikan untuk teman-teman seprofesi. Agar tetap berjalan pada koridor yang semestinya.

     

  21. wahyu Said,

    saya sangat setuju pendapat itu. bahkan untuk lebih general, tidak boleh ada yang merasa lebih pintar dari yang lainnya. toh bisa saja orang yg paling bodoh pun dapat melakukan atau menguasai hal yang tidak dapat kita lakukan/kuasai :)

     

  22. M Mursyid PW Said,

    Guru harus senantiasa berusaha lebih pintar dari siswanya, tentu bukan pada semua bidang, Pak. Misal, guru matematika ya harus lebih mumpuni dalam ilmu matematika dibanding siswanya. Makanya guru harus terus mengembangkan diri.

     

  23. naah ini baru oke.. jadi mood bacanya

     

  24. @ Wahyu
    Intinya adalah saling melengkapi. Karena tidak ada satu manusia pun yang sempurna.
    Pun dalam ranah pendidikan. Jika ada guru tetapi tidak ada murid. Ya, sama saja bohong.

    @ M Mursyid PW
    Seharusnya demikian Pak Mursyid. Dan saya salut dengan guru yang selalu mengupgrade diri dan kompetensi seperti, Bapak. Selamat berjuang mengentaskan anak bangsa dari keterbelakangan!

     

  25. Agus Siswoyo Said,

    Nah, gambar yang ini lebih oke mas...

     

  26. bayuputra Said,

    wah setuju sekali dengan pribahasa itu mas.... kada saya selaku guru honorer sangat berhati-hati dalam menjaga sikap keseharian saya.... takut salah langkah nanti murid2 saya pada kencing semua heee....

     

  27. Aries Kusuma Said,

    Tidak bisa dipungkiri, siswa skrg lebih kreatif dan banyak ilmunya, ini terlihat dr kegandrungan untuk ikut les diluar sekolah. Apalagi trik dan tips diLBB yg ada juga berkualitas tinggi. Smua ini hrs jadi evaluasi besar para guru negri ini, sb nanti2 malah jadi bukan guru kencing berdiri dan murid kencing berlari malah guru dikencingi sama muridnya (artinya murid menjadi profil lebih dibanding gurunya)....hehehe..sb jujur sy pernah gt sm guru2 sy

     

  28. Mas klo bisa angkat saya angkat deh ke empat jempol saya untuk artikel mas yang ini, salu benar benar salut murni bukan di bikin bikin ini benar benar keren dan sangat nyata, contoh ya mas bukan membanggakan diri, dan bukan nyindir nih, saya sekarang Sales Manager di perusahaan Retail terbesar di Indonesia saat ini, guru kesayangan saya waktu di Akuntansi, sampai geleng geleng, beliau tanya apakah saya kuliah, saya jawab "TIDAK" karena memang tidak kuliah, tapi kok bisa ya? nah saya bilang ke guru saya" Harusnya ibu bangga donk anak muridnya bisa jadi manager? apa reaksinya, ga ngomong apa apa beliau cuma merangkul dan menepuk pundak saya sambil nangis, sebelum berpisah beliau bilang kapan bisa diskusi dengan adik adik kelasmu, dan kapan salah satu dari mereka bisa kau bawa seperti dirimu? Cuma pesan yang ingin saya sampaikan kenapa Guru adalah Pahlawan tanpa tanda jasa, sebenarnya saya kurang sreg dgn istilah itu, karena jasanya di tandai denga kesuksesan anak didiknya, bukan bintang atau medali, kebangaan beliau beliau ini, termasuk anda mas guru, tanpa anda mustahil murid bisa kencing berlari, kan ga ada yang ngajarin, Guru adalah di gugu lan di tiru, jadi semboyan Tut Wuri Handayani itu kan jadi terwujud Mas Guru, salam sukses selalu mas guru, tanpa orang orang seperti diri anda mungkin nasib anak bangsa ini akan gelap, apalagi posisi mas di sumatera, yang segalanya butuh extra, saya ga menyebutkannya karena saya yakin mas guru lebih tahu apa yang saya maksudkan, karena saya pernah jadi guru bahasa inggris di Mts daerah Trans di SP 1 Air Majunto Jaya, juga membantu les bahasa inggri di SMA negeri SP 6 Air Majunto, waktu itu Muko Muko utra belum jadi kabupaten seperti sekarang, semoga jasamu akan terkenang sepanjang zaman GURU

     

  29. @ Agus Siswoyo
    Trims

    @ Bayuputra
    Hehe....bisa aja analoginya.
    Mungkin awalnya hati-hati, selanjutnya wajar dan natural. That's our brand.

    @ Aries Kusuma
    Hmmm....mengerikan, andai guru sampai dikencingi murid-muridnya.
    Sudah seharusnya guru selalu uptodate dengan segala perkembangan kemajuan teknologi dan informasi. Walaupun tidak harus menjadi mahatahu namun bukan berarti harus malas mengupgrade diri.

    @ Blog Bisnis Muklis
    Sebagaimana Guru Mas Muklis. Hal yang paling membahagiakan dan membanggakan seorang guru adalah apabila melihat anak didiknya berhasil (sukses) dibidangnya masing-masing. Apalagi di saat ia sukses masih mau datang menjenguk gurunya dulu. Kebahagiaan itu tak pernah terukur dengan apapun. Oleh karena itu, saya berpesan kepada semua pembaca BISNIS GURU, Jika saat ini anda merasa sukses, sempatkanlah sowan kepada guru-guru Anda, dulu. Walaupun itu tidak seberapa berarti buat Anda, tapi menjadi penghargaan yang luar biasa bagi perjuangan seorang guru untuk memandaikan Anda. Ingat, Anda belum tentu menjadi seperti saat ini tanpa campur tangan seorang Guru

    Syukurlah Mas Muklis bisa mengilustrasikan bagaimana tidak mudahnya menjadi seorang guru di pedalaman Sumatera. Memang butuh dedikasi dan loyalitas profesi yang sangat tinggi untuk menjalaninya. Terimakasih doanya!

     

  30. wah datangnya telat nih, jadi g bisa tahu gambar sebelumnya.

     

  31. Kencing sambil berdiri atau berlari bukan soal kepandaian mas, tapi soal perilaku...
    Agar para guru memberi cintoh akhlak yang mulia.
    Hanya opini pribadi mas.
    Lain waktu posting tentang UN mas. Kabarnya sekolah(bc;guru) banyak yang takut murid tdk lulus dan ....
    Saalam

     

  32. robbyn Said,

    Semoga semua amal dari guru-guru kita bisa di terima. tanpa guru, kita semua tak akan jadi org sekarang..hee

     

  33. vian Said,

    murid kencing berlari masih mending...
    dari pada murid kencingi Guru...itu kan parah..
    hhehhee

     

  34. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

     

  35. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

     

  36. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

     

  37. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

     

  38. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

     

  39. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

     

  40. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

     

  41. foredi medan Said,

    Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimakasih

     

  42. foredi murah Said,

    Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

     

  43. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

     

  44. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

     

  45. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

     

  46. fopredi palu Said,

    Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

     

  47. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

     

  48. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

     

  49. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

     

  50. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

     

  51. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

     

  52. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

     

  53. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

     

  54. solo Said,

    Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

     

  55. foredi solo Said,

    Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

     

  56. Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

     

  57. Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

     

  58. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

     

  59. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

     

  60. foredi tegal Said,

    Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

     

  61. foredi tegal Said,

    Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

     

  62. Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

     

  63. Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

     

  64. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

     

  65. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

     

  66. jamu kuat Said,

    Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

     

  67. jamu kuat Said,

    Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

     

  68. Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

     

  69. Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

     

  70. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

     

  71. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

     

  72. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

     

  73. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

     

  74. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

     

  75. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

     

  76. Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

     

  77. Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

     

  78. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

     

  79. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

     

  80. kuat ereksi Said,

    Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih

     

  81. kuat ereksi Said,

    Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih

     

  82. Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

     

  83. Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

     

  84. Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

     

  85. Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

     

  86. Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

     

  87. Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

     

  88. impotensi Said,

    Sangat Amazing Artikel dan Info. Wajib di coba.

     

  89. impotensi Said,

    Sangat Amazing Artikel dan Info. Wajib di coba.

     

  90. Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sanagt bermanfaat.

     

  91. Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sanagt bermanfaat.

     

  92. artikelnya mendebarkan kalo di baca guru heheh

     

  93. bener mas guru juga belum tentu lebih pintar dari murid. tapi guru tidak mau mengalah dan selalu merasa paling benar

     

  94. Masudi UDI Said,

    obat herbal kalimantan, Mas'udi. S.P.di Terimakasih banyak pengetahuannya..semoga para guru bisa jauh lebih baik karenanya..!!!

     


  95. artikel yang bermanfaat

     



  96. artikel menarik,slam sukses

     



  97. terimakasih salam sukses selalu

     



  98. terimakasih artikel yang menarik

     

  99. terimakasih artikel menarik sekali

     


  100. sangat bermanfaat trimakasih

     

  101. menarik sekali terimakash

     



  102. terimakasih artikel yang menarik

     




  103. menarik sekali,salam sukses selalu

     


  104. terimakasih artikel yang menarik

     


  105. artikel yang sangat menarik,dan bermanfaat trimakasih

     

  106. Jasa SEO Said,

    sangat menarik dan bermanfat,terimakasih

     

  107. menarik sekali,salam sukses selalu

     


  108. Thank you for sharing
    I've been looking for, and it can be an idea from here
    I hope to be useful also for other people

     

  109. VIMAX ASLI Said,

    Thank you for sharing in this article
    I can learn a lot and could also be a reference
    I hope to read the next your article updates

     


  110. Thank you for sharing in this article
    I can learn a lot and could also be a reference
    I hope to read the next your article updates

     




  111. Bagus juga nih blog...

     




  112. donny wijaya Said,

    saya setuju,kebanyakan pada zaman sekarang murid lebih canggih daripada guru,btw apakah anada inginmenghasilkan uang dari game?ayo gabung disini http://vipbet88.org/ http://taruhan789.com/ http://bgselalu.com/

     

Posting Komentar