Profil

Umar Puja Kesuma, S.Pd.

Muaradua - Sumatera Selatan



BISNIS GURU adalah blog yang didedikasikan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia dan sharing seputar dunia bisnis. Simak terus artikel-artikel menarik dari blog ini dan silakan mengambil manfaatnya.Salam Istimewa!

"Raih semua impian dan cita-citamu dengan cara paling sederhana tetapi dahsyat hasilnya, yaitu SEDEKAH"




3 Style Guru Misterius

Diposting oleh Umar Puja Kesuma, S.Pd. On 12/21/2008 08:33:00 AM

Apa yang Anda pikirkan saat membaca judul di atas, kawan? Apapun yang terlintas di benak Anda, saya yakin 90% pikiran Anda terfokus pada kata terakhir judul di atas, yaitu ”misterius”. Sebuah kata yang tidak bisa diartikan hanya dengan satu kata lain, tetapi harus beberapa kata agar menjadi pas. Ya, itulah uniknya sebuah kata yang berlafal ”misterius”.

Dalam sistem kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah, faktor guru masih menjadi penentu utama berhasil dan tidaknya sistem itu berjalan. Walaupun kurikulum sering gonta-ganti, tetapi ujung-ujungnya tetap butuh peran guru sebagai pelaksana kurikulum. Sistem akan berjalan baik jika guru-gurunya antusias, kredibel, berintegritas, dan pintar. Sebaliknya, sistem akan sering ngadat jika guru-gurunya terjangkiti penyakit malas, monoton, asal ngajar, tidak kreatif dan kurang pintar. Contoh kongkretnya adalah ketika guru-guru di sebuah sekolah demo menuntut tunjangan fungsional yang belum cair, secara otomatis aktivitas belajar-mengajar di sekolah tersebut akan terhenti.

Agar sistem tidak ngadat dan KBM dapat berlangsung dengan lancar bahkan menyenangkan bagi semua pihak (baik guru maupun siswa), saya akan membagikan sebuah tips, yaitu jadilah guru misterius. Dengan menjadi guru misterius Anda akan merasakan perubahan besar dari biasanya. Murid-murid Anda akan semakin antusias mengikuti penyampaian materi Anda. Bahkan kehadiran Anda ditengah-tengah mereka sangat dinanti-nantikan. Mereka akan sangat kecewa jika Anda tidak masuk kelas karena satu dan lain hal. Dan satu lagi, jika Anda berniat untuk mutasi sebaiknya siapkan seribu alasan karena ada seribu tangan yang akan memegang erat kaki Anda untuk tidak melangkah keluar meninggalkan sekolah mereka. Anda ingin bukti? Silakan dibuktikan dan Anda akan tersenyum puas karenanya.

Untuk menjadi guru misterius sebenarnya tidaklah terlalu sulit, hanya butuh konsistensi dari Anda. Dan biasanya segala hal yang berbau konsistensi itu langsung dipandang berat. Apalagi bagi guru-guru Indonesia yang senang berada di zona nyaman. Oke, Anda harus miliki tiga ciri khas (sikap dasar) jika ingin menjadi guru misterius. Ciri khas di sini bisa diartikan sebagai gaya mengajar (teaching style). Tiga gaya itu adalah:

Dinamis dan Inovatif
Dalam hal mengajar, jangan pernah membuat patron atau rel. Sehingga Anda selalu mengikuti rel itu dan tidak pernah bisa berbelok/berbalik untuk sekedar membuat perubahan gaya mengajar. Ini penting sebagai pondasi profil guru misterius. Dengan begitu Anda akan leluasa (luwes) terhadap segala situasi dan teknik-teknik mengajar yang baru. Kurikulum akan cenderung berinovasi dari waktu ke waktu. Itu artinya Anda juga dituntut untuk inovatif dalam menyampaikan pelajaran. Jangan sampai kurikulum sudah bagus tapi Anda masih menggunakan pola-pola lama (mencatat, menghafal, mendikte, merangkum, dll).

Tidak Mudah Ditebak
Pernahkah Anda mendengar celetukan teman-teman Anda sewaktu sekolah dulu. Kira-kira seperti ini:
”Ah, males ah...Pak Umar lagi, Pak Umar lagi.”
”Bete banget sama pelajaran Pak Umar, masak nyateeeet mulu. Gak pernah diterangin.”
”Ke kantin dulu ah...terlambat masuk gak apa-apa, Pak Umar gak akan marah kok nyantaaai...”
”Pak Umar itu lho, kalau ngawasi ujian kok keliling-keliling terus, duduk diam di depan gitu napa.”


Jika ada celetukan-celetukan semacam itu dari murid Anda, jangan langsung berang, kawan. Ada hukum sebab akibat. Celetukan mereka hanya akibat, sedangkan sebabnya tetaplah Anda. Anda harus mawas diri bahwa ada yang salah dalam gaya Anda. Tanpa Anda sadari, Anda telah sukses menciptakan brand di mata murid Anda. Tapi sayang, branding Anda ternyata tidak Anda kehendaki atau tidak dikehendaki murid Anda. Hasilnya ya seperti itu. Tapi tenang, masih ada jalan untuk merubah brand Anda. Caranya adalah dengan menjadi guru yang tidak mudah ditebak oleh murid Anda.

Tidak mudah ditebak itu bisa Anda aplikasikan pada semua atribut keguruan Anda. Kongkretnya seperti ini:
Gaya mengajar
- gunakan gaya yang tidak monoton
Sikap sengajar
- jika Anda sekarang tegas, besok lunak, lusa garang, lunak lagi, tegas lagi, dst.
Cara bicara
- kadang bicara berwibawa, kadang kocak, kadang datar, dll
Cara berpakaian
- jangan menggunakan pakaian itu-itu saja, cari desain baru, warna baru, dll.
Gerak tubuh
- bergeraklah secara tidak tetap, kadang duduk, berdiri, keliling, dll

Penuh Kejutan
Inilah kunci yang harus dimiliki oleh guru misterius, yaitu penuh kejutan. Buatlah kejutan-kejutan baru pada tiap tatap muka di kelas Anda. Kejutan-kejutan itu usahakan relevan dengan materi Anda. Kalau tidak bisa dengan kejutan besar, kejutan kecil juga tidak mengapa. Yang penting ada hal baru yang harus Anda bawa ke kelas dan itu penting untuk murid Anda, terutama untuk memudahkan pemahaman materi.

Dengan selalu membuat kejutan, dapat dipastikan murid Anda akan bertanya-tanya dalam hati. Apa lagi ya kejutan Anda berikutnya? Mereka akan dihatui rasa penasaran. Saat Anda membawa sesuatu ke dalam kelas rasa penasaran mereka akan naik ke ubun-ubun, dan itu bisa Anda olah sedemikian rupa.

Contoh:
Jika kemarin Anda mengajarkan Drama dengan meminta murid Anda tampil di depan kelas
Hari ini Anda bawa video film terbaru, perlihatkan satu adegan, kemudian minta murid Anda menirunya.

Jika kemarin Anda menerangkan rumus phytagoras plus aplikasinya
Sekarang giliran murid Anda jadi guru dan minta dia menerangkan rumus itu lagi kepada Anda/murid lainnya.

Jika kemarin Anda menceritakan sejarah kerajaan majapahit
Hari ini Anda mondongeng tentang kancil suka mencuri mentimun


Oke kawan, itulah tiga hal yang harus Anda miliki jika ingin memperoleh predikat guru misterius. Dengan menerapkan tiga hal di atas, keberadaan Anda lebih bermakna di hati murid Anda. Murid Anda akan selalu mengingat Anda dan gaya mengajar Anda walaupun telah lama dan jauh meninggalkan Anda. Anda akan menjadi guru spesial di mata mereka. Bukankah itu lebih menyenangkan daripada Anda dikenang sebagai guru yang killer.

Bagi Anda yang bukan guru, Anda juga bisa menggunakan strategi misterius ini, misalnya:
• dalam bisnis
Ini sepertinya malah wajib. Seorang pebisnis harus kreatif dan agresif menampilkan strategi-strategi marketing baru. Produk-produk baru, dan planning-planning baru.
• dalam ngeblog
Agar blog Anda menarik, berikan/tampilkan hal-hal baru, unik, penting, dan bermanfaat di blog Anda. Buatlah inovasi-inovasi baru di blog Anda agar blog Anda tidak monoton. Tapi tetap harus sejalan dengan visi ngeblog Anda.
• dalam rumah tangga
Ahaa...siapa sih anggota keluarga Anda yang tidak suka diberi kejutan. Kejutan-kejutan kecil nan istimewa dapat membuat keluarga Anda semakin harmonis. Seperti apa kejutannya? Anda yang sudah berkeluarga mungkin bisa menambahkannya.


Salam Istimewa dari BISNIS GURU

42 Response to "3 Style Guru Misterius"

  1. salam DAHSYAT pa GURU agak sulit menemukan yang kaya gitu,tapi ni ada inpormasi tuk para guru dib seluruh indonesia...silahkan...ikuti'"INDONESIA SRONG PROM HOME" Di radio SMART FM jakarta live striming www.smartfm.co.id di siarkan jam 10--12 tiap hari sabtu wib langsung di 10 kota di indonesia ...moga para guru seperti guru misterius yang di sebutkan bapa...

     

  2. Sip bang...
    Ini neeh typikal guru kreatif kalo nulis blog.
    Bagus masukannya untuk para guru indonesia

    Salam Sukses,

    BLOG MOTIVASI ARIEF - Support Your Success

    MASTER ADSENSE - 100% FREE Smart Solution for Adsense Business

    PELUANG BISNIS - Pilih, Registrasi, dan Mulai Bisnis Anda Saat Ini Juga

     

  3. onabunga Said,

    seandainya semua guru sekreatif Mas Umar... :)

    eh, Mas Umar ternyata Martapura tho. saya ada Paman di sana. di bintan tepatnya.

     

  4. @ Syahru
    Terimakasih informasinya Mas Syahru


    @ Arief Maulana
    Terimakasih Mas Arief.

    @ Onabunga
    Ya, saya selalu berharap kata seandainya itu segera lenyap.

    Btw, tempat saya Martapura Sumsel. Bintan masih jauh dari sini.

     


  5. Guru kreatif seperti ini (sebab)..muridnya pasti selalu menantikan kehadiran Pak Umar (akibat). Semakin menarik aja nih tulisannya..Saya baca sampai habis lho tulisannya..

     

  6. agusampurno Said,

    Bravo, tulisannya kene dan menyentuh.
    thanks for inspiring me

     

  7. @ Ersis Warmansyah Abbas
    Terimakasih Mas sudah berkunjung.

    @ Wawan Purnama
    Mas Wawan bisa aja. Mana Mas kritikan buat tulisan saya.

     

  8. @ agussampurno
    Sama-sama mas Agus, jaringan guru di Indonesia harus semakin diperkuat.
    Jangan bosen main ke BISNIS GURU ya! trims

     

  9. fadly Said,

    yes! dari kalimat-kalimatnya saya merasakan getar semangat yang luar biasa. semoga bisa terus berkarya mas.

    salam kenal dan sukses selalu.

     

  10. taufik79 Said,

    YUp, Guru harus selalu menjadikan ruang kelas bagaikan "magnet" yang mampu mengundang daya pikat anak-anak bangsa untuk berinteraksi, berdialog, dan bercurah pikir dalam suasana lingkungan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

    Ada gak ya guru yang seperti itu?

     

  11. @ Fadly
    Oke mas Fadly. Selalu berkarya dan berbagi.

    @ taufik79
    Ya jelas ada. Mau tahu namanya. Namanya adalah pak Taufik. salam istimewa untuk anda Pak Guru.

     

  12. Zamahsari Said,

    Iya saya juga guru tapi gratisan he..he.. persoalannya kadang-kadang memang pada inovasi dan cara yang tidak membosankan dan cenderung kaku-dan itu-itu aja.. mudah-mudahan menginspirasi semua guru termasuk saya..

     

  13. yanuar Said,

    wah..hebat deh mas umar, semoga selalu terus bersemangat mas..

    salam sukses selalu

     

  14. Hejis Said,

    Kiat mengajarnya bagus. Eniwei, guru harus menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di kelasnya masing-masing. Bravo guru.
    Salam kenal, salam hangat. Semoga manfaat. :D

     

  15. Dear pak Guru,

    Nambahin dalam rumah tanga berilah istri anda sesuatu yang belum pernah dia bayangkan sebelumnya tapi anda pernah mendengarnya walau secara tak langsung dan tidak atau belum pernah anda lakukan,
    Terimaksih pak guru saranya dah di laksanakan,

    Jangan lupa ada apa dengan sukses, temukan di http://www.blogbisnismuklis.co.cc

     

  16. @ Zamahsari
    Cita-cita saya malah ingin menjadi guru gratis seperti anda Mas Zam. Jadi seluruh gaji saya saya tabung di rekening akherat. Makasih kunjungannya.

    @ Yanuar
    terimaksih Mas. Support anda vitamin bagi saya.

    @ Hejis
    Yup, setuju banget. Salam kenal juga. Bravo! Guru Indonesia.

    @ Muklis Purwanto
    Wah...ini yang saya tunggu-tunggu. Maklum masih jomblo nih. Makasih tambahannya, mas Muklis.

     

  17. irfan hilmy Said,

    artikel yang luar binasa (lebih2 dari luar biasa)..hehe

    saya setuju mas, karena dulu (kayak saya dah tua banget ya???hehehe) pada saat SD, SMP dan SMA guru saya gaya mengajarnya seperti itu,,, susah ditebak , gaya mengajarnya tidak monoton, sayangnya guru saya itu tegas tapi banyak siswa yang menyukainya...

    artikel yang luar biasa yang mengingatkan saya kepada guru-guru saya d bangku sekolah... ^^

     

  18. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

     

  19. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

     

  20. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

     

  21. Postingan yang menarik dan Infomatif.boleh dicoba. sukses selalu

     

  22. setelah membaca Artikel dan Info yang sanagt bermanfaat, dan Infomatif boleh dicboba.

     

  23. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

     

  24. Tips dan Artikelnya menarik boleh dicoba.salam sukses

     

  25. Terimakasih telah berbagi Ilmu yang bermanfaat lewat Artikel ini dan Info.boleh dicoba salam sukses

     

  26. jamu kuat Said,

    Amazing Artikel,,
    dan Info yang sanagat menarik dan bermanfaat.boleh dicoba

     

  27. Jual foredi Said,

    Postingan yang bermanfaat,berguna,boleh dicoba

     

  28. Terimakasih Atas Info dan Artikel yang sangat membangun dan bermanfaat. boleh dicoba

     

  29. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

     

  30. agen foredi Said,

    Postingan yang sangat bermanfaat dan berguna.boleh dicoba. semoga sukses

     

  31. Setelah saya baca Artikel dan Info yang sangat cemerlang. boleh dicoba

     

  32. Terimakasih Atas Artikel yang buat saya ingin lagi membacanya. ditunggu Artikel-Artikel berikutnya .

     

  33. Postingan yang sangat menyenangkan apalagi Tipsnya,boleh dicoba

     

  34. Terimakasih atas Artikel yang sangat menyenangkan,terutama Tips yang yang sangat menambah wawasan. boleh dioba. semoga sukses

     

  35. Setelah membaca Postingan yang sanagt cemerlang,dan Inovatif.harus dicoba salam sukses

     







Posting Komentar