Senin, 02 Februari 2009

Menciptakan Peluang Bisnis dengan Pola Problem Solving


Setiap manusia pasti selalu lekat dengan masalah. Masalah satu selesai berganti dengan masalah lain. Begitu dan begitu seterusnya. Jadi, sebenarnya tidak perlu banyak berkeluh kesah jika sedang tertimpa masalah. Karena justru dari masalah itulah sebenarnya anda sedang berproses menjadi manusia seutuhnya.

Begitu pula bagi anda yang baru memulai bisnis online akan selalu dihadapkan dengan masalah-masalah. Dari yang kelas berat seperti gaptek, modal utang, dan nebeng di warnet, sampai yang kelas ringan seperti malas, gak ada waktu, dan malu promosi.

Nah, sekarang mari membuka diri mengenai masalah yang kita hadapi. Maksudnya, menganalisis apa sebenarnya masalah yang kita hadapi. Bukankah masalah harus diselesaikan dan bukan untuk dihindari. Nah, untuk memudahkan analisis anda, ikuti cara analisis praktis berikut!


  1. Duduklah dengan tenang dan rileks, lalu
  2. Tanyalah diri anda sendiri kenapa sampai detik ini bisnis anda masih adem ayem, belum membuahkan hasil, atau malah bangkrut.
  3. Jawaban dari pertanyaan itu buatlah dalam bentuk daftar/list.
    Setelah terkumpul susun ulang dari mulai yang terberat sampai terringan.
  4. Fokus anda berikutnya adalah menyelesaikan masalah yang terberat dulu. Usahakan secepatnya diselesaikan. Jika tidak bisa menyelesaikan sendiri, cari bantuan teman atau orang lain.
  5. Nah, sekarang diamlah lagi sejenak! konsentrasi sepenuh hati! Lupakan masalah itu dan lihatlah! ada uang berhamburan mendekati anda dibalik masalah itu. Ayo cepat ambil sekarang! jangan sampai dia menjauh, atau sebelum orang lain mengambilnya.
  6. Bagaimana, sudah terlihat? Atau anda masih tidak bisa melihat uang itu? Oh,tidak mengapa, anda perlu sedikit konsentrasi saja.

Berikut adalah sederet kawan bisnis saya yang telah berhasil melihat uang dibalik masalah. Entah itu masalah dirinya sendiri atau masalah orang lain.

  • Joko Susilo: Karena mengalami masalah keterpurukan ekonomi, akhirnya dia bisa melihat uang dari masalah yang dihadapinya. Ia yakin bahwa yang tertimpa masalah seperti itu bukan dia saja tetapi hampir kebanyakan orang di muka bumi ini. Maka, diciptakanlah produk/obat yang bisa mengatasai masalahnya itu. Kini masalah telah selesai, uang melimpah pun disedot ke rekeningnya. Silakan klik di sini untuk melihat obat/produk dari Joko Susilo.
  • Arief Maulana : Sebagai orang yang tidak punya basic akademik bisnis dan TI, membuatnya harus mondar mandir ikut seminar bisnis bahkan kursus bisnis. Tidak sedikit juga uang yang diinvestasikan untuk mendongkrak kompetensi IT-nya. Dan tahukah anda, ternyata ia bisa melihat uang dari masalah yang menimpanya dengan cara memutar investasinya itu menjadi uang kembali, bahkan berlipat ganda. Masalah selesai, uang pun terus-menerus mengalir ke rekeningnya.
  • Agung Jatnika: Yang ini saya katakan sebagai orang hebat/super karena bisa melihat uang dibalik masalah orang lain. Ia menyadari bahwa pebisnis pemula pasti dihadapkan pada masalah kesulitan membuat produk sendiri. Untuk itulah ia menyediakan ratusan produk siap dijual ulang plus lisensinya. Silakan klik disini untuk mengetahui produk Mas Agung.
  • Mr. Mung: Nah, yang terakhir ini adalah kawan bisnis sekaligus kawan guru. Kebetulan ia mahir dibidang TI karena memang sehari-hari mengajar TIK di sekolahnya. Sama dengan Mas Agung, Mr.Mung juga pebisnis hebat yang mampu mengeruk uang dari masalah orang lain. Lagi-lagi targetnya adalah para marketer newbie yang gaptek TI. Dengan fokus pada jasa pembuatan blog murah meriah. Silakan klik di sini untuk mengintip kesibukan bisnis Mr.Mung.

Nah, saya juga belajar dari mereka berempat mengenai teknik mengubah masalah menjadi uang melimpah ini. Ada masalah mendasar yang lumayan akut dalam bisnis saya, bahkan sangat fundamental dalam bisnis online. Saya sadar betul jika masalah ini tidak segera saya selesaikan maka alamat laju bisnis saya bisa tersendat bahkan jalan di tempat. Masalah yang saya hadapi adalah sulitnya mencari akses internet. Kondisi geografis daerah saya yang jauh dari kota, bahkan bisa dikatakan di tengah hutan mau tidak mau menjadi kesulitan besar bagi saya untuk mengakses internet. Padahal anda tahu sendiri kan, bisnis online tanpa akses internet alamat omong kosong alias mimpi. Untunglah masih ada signal GPRS Indosat yang masuk, dari situlah nafas bisnis saya masih bisa bergerak. Kartu IM3 menjadi pilihan karena memiliki biaya akses termurah di kelas GSM, yaitu 1 rp/kb. Walaupun begitu harus pintar-pintar memutar otak agar cash out flow (pulsa) tidak membengkak/defisit. Salah satu caranya adalah dengan menonaktifkan image sewaktu online, jadi hanya teks saja yang muncul di monitor. Makanya, mohon maaf kepada rekan-rekan yang sudah saya komplain gara-gara mengaktifkan captcha di form komentar. Alasannya apabila blog yang saya kunjungi mengaktifkan captcha berarti saya harus reload image yang otomatis menguras pulsa. Biasanya kalau sudah begitu saya langsung tinggalkan blog itu, padahal seringkali komentar sudah kadung saya tulis panjang lebar.

Karena masalah itu pula, promosi bisnis dan mengelola blog jadi tersendat-sendat. Padahal promosi sebanyak mungkin adalah poin utama dalam bisnis online. Akhirnya, saya pun menerapkan cara praktis di atas. Dan sampailah saya pada ide cemerlang untuk membeli pulsa langsung dari server. Maklum pulsa eceran di daerah saya sangat mahal. Pertimbangannya, kalau membeli langsung di server pasti harganya lebih murah. Sayangnya beberapa server harus minta saya setor deposit ratusan ribu agar bisa terdaftar. Padahal niat saya hanya untuk konsumsi pribadi, jadi tidak perlu deposit sebanyak itu. Pengembaraan pun dimulai, puluhan server saya bandingkan harga dan sistemnya. Dan akhirnya saya menemukan server yang menurut saya harganya murah dan servisnya bagus. Namun, Tanpa sengaja saya melihat ada uang yang bisa saya ambil dari situ. Yes! berawal dari masalah ternyata malah membuka peluang bisnis baru bagi saya. Padahal sebelumnya kepikiran pun tidak, tapi sekarang hmmm...memuaskan. Saya semakin semangat merekomendasikan server ini di daerah saya karena ternyata harga pulsa di server saya jauh lebih murah dari server-server yang selama ini memasok mereka. Dan yang pasti 16 keuntungan yang dimiliki membuat mereka nyaman beralih ke server yang saya rekomendasikan.

Bagaimana dengan anda kawan? Apakah anda sudah bisa melihat uang dari masalah anda atau masalah orang lain di sekita anda?

Oya, menambah intermezo kemarin. Terimakasih kepada pengunjung yang sudah sms dan mendaftar melalui saya. Mudah-mudahan anda puas. Sedangkan bagi pengunjung yang masih bertanya melalui sms tentang nama servernya, mohon maaf saya tidak bisa menjawabnya sebelum anda saya daftarkan. Tidak ada maksud merugikan anda semua, hanya saja saya berharap anda mendaftar melalui saya. Karena dengan mendaftar melalui saya maka saya mendapat bonus deposit dari server (bonus referral) dan satu rupiahpun tidak mengurangi saldo deposit anda. Harga dari server antara saya dan orang yang saya daftarkan akan sama persis. Jadi sangat aman, nyaman, fair, dan transparan. Link website server saya kirim melalui sms setelah anda sukses terdaftar.oke!


Salam Istimewa!




31 komentar:

  1. Keren euy...
    sikap negatif berdampak positif (salah satu postingan saya).
    ==============================

    Makanya sangat beruntunglah orang Hidup Masih mempunyai masalah.
    tinggal, pintar2 untuk mencari solusinya.
    ==============================

    salam perenungan

    BalasHapus
  2. Tepat sekali Mas, kalau kita ingin sukses belajarlah dari orang yang lebih dulu sukses, kita cari tahu sebanyak-banyaknya bagaimana mereka menjadi sukses dan belajar dari hal-hal yang sederhana disekitar lingkungan kita.
    Untuk masalah akses internet sabar aja mas pasti ada jalan keluarnya.

    BalasHapus
  3. Sesungguhnya bersama kesulitan, selalu ada kemudahan.
    Di balik segala masalah, selalu ada hikmah dan peluang bagi kita untuk menjadi lebih baik.
    Keep right ACTION Mas Umar!

    BalasHapus
  4. Tepat sasaran mas umar postingannya, benar bahwa dibalik kesulitan yang sedang kita hadapi sebenarnya ada peluang menghasikan sesuatu yang istimewa, tapi memang terkadang kita terjebak dalam permasalahan kita sehingga melewati semua peluang yang sedang menghampiri kita.
    Salut buat perjuangan mas umar untuk meraih kesuksesan, saya doakan berhasil mas umar..

    -salam sukses-

    BalasHapus
  5. Mas Umar salam hangat di pagi hari yang dingin ini. Berbicara masalah kesulitan, saya jadi teringat akan kata-kata motivasi dari tokoh Amerika Winston Churchill, "Orang yang pesimis adalah orang yang melihat kesulitan dalam setiap peluang. Sedangkan orang yang OPTIMIS adalah orang yang melihat PELUANG dalam setiap kesulitan."

    Btw, terima kasih sudah mengingatkan saya dalam balasan koment saya di posting sebelumnya. Sukses "Pak Guru"

    BalasHapus
  6. @ Rekanbisnisku
    Yup, memang begitulah seharusnya Mas Dadang. Tapi kali ini konteksnya tidak hanya menyelesaikna thok! tapi sekaligus membaliknya menjadi peluang bisnis. Bukankah itu yang lebih menyenangkan?

    @ Iwan Epianto
    Setuju sekali Mas Iwan. Makanya saya banyak belajar dari 4 kawan bisnis saya itu. Agar segera ketularan. Tapi paling tidak sedikit ilmu sudah bisa saya praktikkan walaupun masih dilaksanakan didunia offline.

    @ Joko Susilo
    Sepakat Pak Joko. Oleh karena itu tidak perlu berkeluh kesah jika sedang tertimpa masalah. Karena siapa tahu Tuhan sedang membukakan jalan keberhasilan bagi orang itu. Sepertinya perlu ada perubahan mindset dalam menghadapi masalah, ya Pak?

    @ Ricky
    Oke Mas Ricky, terimakasih atas doanya. Memang perlu keterampilan dalam menyelesaikan masalah. Tapi tidak perlu berkecil hati dulu. Yang dibutuhkan adalah niat dan perubahan mindset, Bukan begitu?

    @ Sumartono, SE
    Salam hangat juga Mas Sumartono.
    Betul-betul menarik ungkapan Mr.Winston Churchill itu. Sangat realistis. Semoga kita menjadi golongan orang-orang yang OPTIMIS. Yaitu orang yang mampu melihat peluang ditengah kesulitan. Bukan begitu, Mas?

    BalasHapus
  7. eit, ternyata masuk artikel to... makasih... makasih... pak guru...
    salam sukses selalu buat para guru indonesia, mari kita terus tingkatkan blogging kita biar bisa meningkatkan finansial kita. selain juga buat membantu anak didik kita mencari sesuatu yang baru di dunia maya. hehe..

    BalasHapus
  8. Beda pasti antara orang sukses dengan gagal :

    # ORANG SUKSES :
    MELIHAT PELUANG DI BALIK SEBUAH MASALAH

    # ORANG GAGAL :
    MELIHAT MASALAH DI BALIK SEBUAH PELUANG.

    Beda tipis tapi efeknya luar biasa. Jadi coba tanyakan ke diri anda... terutama kalo diberik peluang....

    Anda cari masalah2 yg mungkin timbul... atau anda siap hadapi masalah untuk menjadi sukses?

    Salam Sukses,
    ARIEF MAULANA.com - Support Your Success for a Better Life

    BalasHapus
  9. terima kasih tips nya mas. Modal dari Allah yang sangat berharga adalah otak. Di stulah kita dibedakan dari mahluk ciptaan yang lain. Maka kita harus memaksimalkannya walaupun kadang-kadang keadaan sangat sulit.

    Blog Bisnis Online

    BalasHapus
  10. sample :
    masalahnya ga punya uang, maka solusinya peluang bisnis.
    ==================
    semuanya bisa dibikin bisnis Pa guru.
    ========================
    Menyapa di pagi hari

    BalasHapus
  11. Masalah berdampingan dengan solusinya...jika kita belum mendapatkan solusinya...teruslah mencarinya...jangan pernah berhenti...

    BalasHapus
  12. @ Mr. Mung
    Oke Sepakat Mister. Mudah-mudahan dengan adanya para pebisnis dari kalangan guru dapat mengangkat image guru yang selalu identik dengan sepeda butut dan gaptek. Kedepan, Guru Indonesia akan mengendarai mercy ke sekolah dan laptop online internet di meja kerja hehehe...Tapi bukan dari jualan LKS, bukan begitu mister?

    @ Blog Motivasi Arief
    Nah, ini dia tamparan paling telak bagi anda semua yang masih maniak mengeluh ke sana ke mari. Gak apa-apa membuat pipi anda sedikit panas yang penting anda cepat tersadar dari mimpi panjang yang tidak pernah membuat anda sukses.
    STOP DREAMING START ACTION. Thanks Motivator Muda, atas komen-nya.

    @ Zamahsari SE
    Yup, betul sekali Mas Zam, otak yang masih berfungsi normal (berakal)adalah aset yang sangat berharga dalam hidup kita. Dari sanalah tercipta segala benda di dunia ini. Namun manakala sudah tidak difungsikan (berisi akal), sayang sekali karena akan senasib dengan otak (maaf) hewan.

    @ Rekanbisnisku
    Betul sekali kawan. Dan saya telah membuktikan itu. Bahkan sejak membaca ebook Mas Denny Ardian (bisnis100persen)tentang menset-up mindset bisnis, sungguh luar biasa. Buanyak peluang bisnis yang sekarang tergambar di otak saya. Dari yang online sampai yang offline. Dan saya akan merealisasikannya segera sebelum diambil orang lain. Bahkan sekarang saja sudah mengantongi kontrak bisnis senilai Rp 1.000.000,- padahal modal yang dibutuhkan cuma Rp 300.000,- berarti bersih Rp 700.000,- masuk kantong. Hmmm...ebook Mas Denny Ardian betul-betul luar biasa. Terimakasih Mas Ardian, ebooknya. Hehehe...jadi pengalaman ngurusi bisnis sendiri sekarang. Lumayan, untuk belajar sebelum produk saya sendiri launching.

    @ Agung Jatnika
    Ya, terus dan teruslah mencari! ada benarnya juga sih. Tapi ada argumen pebisnis juga yang mengatakan: Kalau kita tertimpa masalah, maka jangan dilihat masalah itu tapi lihatlah uang yang bisa dikeruk dari masalah tersebut. Ini saya dapat dari talkshow, Wirausaha Muda Mandiri di Metro TV.

    BalasHapus
  13. Makin Mantap aja Pak Guru.

    Banyak Orang Mengeluh: masalah kok ditutup dengan masalah baru.
    padahal sesungguhnya percintaan antara masalah dengan masalah, maka lahirlah anak yang bernama PELUANG. hanya saja dibutuhkan pribadi yang punya karakter kuat untuk bisa mencerna dan mengolah peluang tersebut menjadi Mesin yang produktif.

    Salam Hebat Untuk Anda Mas Umar.

    BalasHapus
  14. Tip-tipsnya bermanfaat mas umar...

    mas umar kalo online jangan pake pulsa IM3 telpon ? mahal mas? udah coba yg pulsa im3 gprs belum? kata temen2 saya yg pake..lebih murah, pulsa 5000 bisa 4 jam... Kalo saya pake indosat 3G Broadband

    Salam
    Gardu Bisnis

    BalasHapus
  15. dukungan pendapat dari Mas JOko P :
    Pake M3 GPRS aja. saya udah membuktikannya kho.
    trus beli antena penguat sinyal 100rban
    ========================
    semoga berguna

    BalasHapus
  16. Mas Umar makasih atas kunjungannya di Blog saya ya,
    Mohon maaf baru ketemu Blognya Pak Guru Bisnis.
    Salam Buat Mas Arief di Makasar.
    Thank atas tipsnya.
    Salam buat semua rekan Bisnis.Sukses selalu
    Senang bila ada Info Bisnis Baru tentunya bisa bagi-bagi
    Pada kita semua .....yah

    BalasHapus
  17. @Fadly
    Hehehe...romantis sekali kelihatannya, percintaan antara MASALAH dengan MASALAH melahirkan peluang. Btw, nyatanya seperti itu. Masalah demi masalah akan mendorong manusia menjadi lebih baik jika dihadapi dengan baik. Untuk bisa menghadapinya memang dibutuhkan skill problem solving. Cara praktisnya sudah saya paparkan di atas.

    @ JPurnomo
    Terimakasih sarannya Mas Pur. Sangat bermanfaat untuk saya, cuma setting APN di Nokia 6300 masih belum mudeng. Sepertinya kok gak ada setting APN di Nokia 6300. Kemarin pas ke Jakarta sempat ke pusat IM2 di Jaksel. Eee...CSnya lha kok juga gak bisa nyettingnya. Saya malah dioper ke Nokia. Karena waktu mepet gak sempet deh ke Nokia.
    Oya, kemarin sempet ngelencer ke jakartanotebook.com ternyata Huawei 220 sudah di atas satu juta Mas. Akhirnya Mas Agung nyaranin pakai USB OPTION iCON 225 HSDPA USB Stick, seperti punya dia. Lumayan harganya masih di bawah satu juta. Sekarang sedang tracking via TIKI. Mudah-mudahan cepet tiba jadi nyetting IM3 GPRSnya gampang.

    @ Rekanbisnisku
    Oke Mas Dadang, kok gak bilang kemarin-kemarin sih, hehehe...btw, thanks ya!

    @ Budhi54
    Sama-sama Mas Budhi. Dengan saling kunjung mengunjungi mudah-mudahan umur blog kita juga semakin panjang. Salam hangat dari BISNIS GURU untuk anda.

    BalasHapus
  18. Assalamu'alaikum..saya newbie, saya berharap saya bisa bergabung untuk saling bersilaturrahim ma saudara-saudara semuanya...dengan bergabung dengan anda pastinya saya akan banyak belajar dari saudara semuanya...meski baru dan baru merangkak saya ingin pandai dan berhasil seperti blog sampeyan semua....oh iyaa saya berharap bisa saling mengisi komentar di blog saudara ..makasih yaaa
    tempat silaturrahim.....
    http://www.lumbonguang.blogspot.com
    SALAM DARI SAYA ALFA

    BalasHapus
  19. problem solving, melihat peluang dibalik masalah. bukan masalah dibalik peluang.
    sepakat mas umar.

    be a GURU of internet marketing mas UMAR

    BalasHapus
  20. Gimana Udah di Coba...

    BalasHapus
  21. MAs... kan mas udah baca ebook special bonus waktu jadi member affiliateku. Rencananya bakal tak upgrade lagi. Kalo ada masukan bisa kirim via email.

    Buat rekan2 yg lain, saya punya ebook "Meraih 1 Juta Pertama Melalui Program Reseller". Bisa anda dapatkan dengan 2 jalan :
    1. Menjadi member affiliate saya dari produk apapun yg saya jual.
    2. Membelinya dengan 1 paket produk2 lain di www.Produk-Online.co.cc

    Salam Sukses.

    BalasHapus
  22. Ya Allah...
    Hamba bersyukur atas nikmat yang Engkau limpahkan kepada hamba. Hari ini engkau berikan lagi nikmat itu. Member Bisnis Pulsa tambah dan tambah terus, Member Forbis juga tambah lagi, Modem pesanan saya sudah sampai, dan sukses OL untuk menulis respon ini menggunakan IM2 Unlimited. Mudah-mudahan hamba bisa menjadi hambamu yang selalu bersyukur dan berbagi.amin...


    @ Lumbonguang
    Waalaikum salam, Mas Alfa boleh-boleh saja bergabung di sini. Insya Allah saya akan konsisten menyajikan artikel-artikel menarik di sini. Atau sebaiknya Mas Alfa langganan artikel saja melalui form di sudut kanan atas itu. Agar bisa mendapatkan update artikel di BISNIS GURU secepatnya.

    @ Adi Wardana
    Ah...Mas Adi bisa saja. Saya masih bau kencur Mas. Saya masih harus belajar banyak tentang ilmu marketing online. Btw, terimakasih atas komen-komennya di artikel-artikel saya yang lain.

    @ Rekanbisnisku
    Sudah dicoba, tapi sepertinya kok sama saja ya tarifnya. Cepet habis tuh. Gak sampai sejam.

    @ Arief Maulana
    Hmmm...kayaknya sudah exelence deh. Ditunggu saja upgradenya ya.

    BalasHapus
  23. disetiap kesulitan pasti ada kemudahan...ini telah dibuktikan pak guru dengan kesulitan bisa menghasilkan ide yang baru demi kemajuan hidup..

    sukses selalu ya pak guru

    BalasHapus
  24. Malam Mas Umar, Sorry banget kemarin gangguin tidurnya lho mas^_^.

    Ya...di era persaingan bisnis online yang semakin ketat begini, memang kita harus cermat melihat situasi dan kondisi serta mampu menangkap peluang yang ada...Contohnya Mas Umar selain buat kepentingan pribadi pulsa All operatornya tapi bisa sekalian buat jualan kan... he..he..he...

    ngomong2 setelah bacain comment Mas Umar. Mas Umar pake IM2 Unlimited ya?
    Gimana cara ndapetinnya? klo di MTP bisa dipake b'arti di BJB juga bisa kan?
    Soalnya udah saya udah pernah pake IM3 GPRS tapi boros karena pake Time Based..
    Sekarang pake TelkomselFlash 125rb/bulan/500mb karena yang Unlimited blom tersedia di Kalimantan Paketnya...

    Mohon Infonya...
    Email ke : handoko_tantra@yahoo.com aja ya Mas.

    Salam,

    Handoko Tantra
    www.aromawangi.co.cc

    BalasHapus
  25. @ Syahru tetepsemangat
    Siiippp...lah!

    @ Yanuar
    Sukses juga untuk Mas Yanuar?

    @ Handoko
    Hehehe....betul Mas Handoko. Oleh karena itu mari terus gali poensi bisnis yang bisa diambil dari masalah yang kita hadapi.

    Btw, pertanyaanya sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat!

    BalasHapus
  26. Sudah dicoba modemnya mas? gimana hasilnya?

    BalasHapus
  27. sekedar info :
    mungkin ini penting buat mentor saya

    http://agunawanika.com/2009/02/koneksi-internet-sangat-vital-untuk-aktivitas-blogging-dan-berbisnis-online/


    REKANBISNISKU | blog rekan bisnis

    BalasHapus
  28. wah... mantep neeh new connection... harusnya udah ada new artikel neeh. Hahaha...

    BalasHapus
  29. Hanya stu kalimat aja Mas Guru, "siiip" artikel yang membangun untuk segera evluasi diri, benar beda orang beda masalah dan pasti beda solusinya, namun mungkin temanya sama, salam sukses Mas Guru

    BalasHapus
  30. bagus tipsnya.,,.
    bisa di coba.,.,

    kunjungi : http://hafifurrahmancoy.blogspot.com/2015/01/penitishopcom-jual-almamater-terbaik.html.
    terima kasih

    BalasHapus