Kamis, 27 Agustus 2009

Mencari Motivasi Blog Guru Indonesia

Mencari jaringan Blog Guru khususnya Blog Guru Indonesia sebenarnya adalah keinginan saya sejak lama. Berbagai hal saya lakukan termasuk pencarian melalui mesin google. Berdasarkan hasil kerja Google menunjukkan angka yang cukup signifikan. Sekitar 38 juta hasil pencarian dengan kata kunci "blog guru" . Namun dengan banyaknya hasil pencarian google tersebut bukan lantas membuat saya lega. Belum sama sekali. Bahkan justru ada rasa prihatin saat menyaksikan apa yang saya temui setelah mengeklik satu persatu blog guru yang ditampilkan tersebut.

Yang menjadi keprihatinan saya adalah konten dan updating blog. Dari segi konten, tidak sedikit blog guru yang saya temukan malah berisi konten-konten yang tidak terkait dengan pendidikan khususnya disiplin ilmu yang dimilikinya. Bukannya tidak boleh atau apa, saya memaklumi banyak alasan kenapa blog guru yang diproduksinya tidak membicarakan masalah pendidikan. Hanya saja saya merasa bahwa guru lebih kompeten bicara mengenai pendidikan daripada hal-hal di luar pendidikan. Sayangnya itu tidak dilakukan. Padahal saya yakin guru yang bersangkutan memiliki literatur dan referensi yang cukup banyak mengenai disiplin ilmu yang diampunya. Dan itu bisa di share untuk rekan-rekan yang membutuhkan yang pasti juga tidak sedikit jumlahnya.

Sekedar mengoreksi Blog Bisnis Guru ini, sedari awal mungkin anda nyeletuk ”Wong blog Mas Umar sendiri kontennya juga tidak 100% pendidikan gitu lho”. Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih bagi Anda yang nyeletuk seperti itu. Begini, sedari awal juga blog ini memang saya rancang tidak 100% membicarakan mengenai pendidikan tetapi juga membicarakan mengenai bisnis online. Itu sesuai dengan slogan blog ini yang terpampang di header yaitu: Referensi Bisnis Online dan Informasi Pendidikan. Jika di awal-awal kemunculannya, perbandingan konten bisa 50:50, kini sudah saya ubah menjadi 80:20. Yaitu 80% membicarakan masalah pendidikan dan 20% bisnis online.

Ada misi khusus yang ingin saya kampanyekan sebenarnya melalui kombinasi konten seperti ini. Yaitu saya ingin rekan-rekan Guru di Indonesia lebih kreatif dalam memanfaatkan teknologi informasi ini. Khususnya dalam upaya meningkatkan taraf hidup secara independen. Dan satu-satunya peluang yang ada dan terbuka lebar melalui media seperti ini adalah Bisnis Online. Jika misi seperti ini berhasil, kedepannya akan sangat jarang kita jumpai guru-guru yang turun ke jalan untuk berdemo mengenai masalah gaji dan tunjangan. Ribut-ribut di linkungan pendidikan yang selama ini hanya didominasi urusan fulus juga bisa dikurangi. Sehingga guru bisa lebih konsentrasi untuk melaksanakan tugas profesinya selama jam belajar berlangsung. Dan sisa waktu yang lumayan banyak bisa digunakan untuk mengurus bisnis onlinenya.

Keprihatinan yang kedua adalah mengenai updating blog guru yang berhasil saya jelajahi. Sungguh blog guru tersebut banyak yang tidak diupdate lagi alias mangkrak bin lumutan. Memang di awal-awal konten begitu padat namun tiba-tiba macet dan sepertinya sudah dilupakan oleh pemiliknya. Untung masih ada paman Google yang berbaik hati dan masih berkenan mengindeksnya sehingga selalu nyangkut dalam hasil pencarian.
Memang ada sih Blog Guru yang rajin update, konten pure pendidikan dan trafiknya tinggi. Namun jumlahnya tidak sebanyak blog yang mangkrak tersebut.

Nah, sebagai kesimpulan dari fakta di atas ada sedikit pesan yang ingin saya sampaikan untuk rekan-rekan yang memiliki Blog Guru. Yaitu buatlah satu hal yang bisa memotivasi kegiatan blogging Anda. Satu hal yang saya rekomendasikan adalah UANG. Ya, terdengar sedikit materialistis namun sebenarnya tidak selalu begitu, karena sangat tergantung individunya. Dengan memiliki motivasi UANG, Anda akan lebih bersemangat blogging. Anda boleh saja termotivasi untuk mencari teman/jaringan atau murni share saja. Tapi percayalah, motivasi-motivasi tersebut tidak sekuat jika Anda meletakkan UANG sebagai motivasi utama.


Salam Istimewa!









50 komentar:

  1. betul sekali mas umar, Uang memang bisa dijadikan sebagai motivasi utama. saya membut blog awalnya dulu juga termotivasi oleh uang, uang memang bukan segala-galanya, tapi kita tetap butuh uang..karena di jaman modern ini, tanpa uang kita tidak bisa hidup.....kata orang "jangan hidup untuk uang, tapi uang untuk hidup" betul begitu mas umar???



    salam "bisa"

    wiwityudiantara@gmail.com

    BalasHapus
  2. memang untuk tetap bersemangat dalam melakukan sesuatu, diperlukan sebuah misi visi yang jelas yang akan terus memompa motivasi kita untuk melakukannya. apapun itu, termasuk uang.

    nice posting mas

    BalasHapus
  3. semoga blog guru yang laen baca postingan ini...
    sungguh sangat prihatin sekali
    mereka lupa atau sengaja melupakannya
    atau juga mereka sibuk dengan dunia offlinenya
    ----
    kreasikan diri sehingga bisa berguna buat oranglain...
    ----
    hidup guru

    BalasHapus
  4. Mantaaab pak guru..memang sangat di sayangkan ya...saya tadi juga namu di www.gurumuda.com, blog pak guru fisika...sayang banget udah cukup lama ga diupdate...padahal konten2 sebelumnyanya bagus banget...membahas seputar fisika untuk SMA...salam pak guru

    BalasHapus
  5. @ BBB
    Ya Mas Wiwit. Yang penting jangan jadikan uang sebagai tujuan tetapi jadiakan uang sebagai kendaraan.

    @ Fadly Muin
    Mas Fadly sepertinya sudah sangat faham dan urusan motivasi tidak perlu diresahkan lagi. Selalu konstan dan stabil.

    @ Dadang Firdaos
    Tidak bermakdsud ikut campur urusan orang Mas. Guru mau buka internet aja sudah sukur Alhamdulillah, sebab kebanyakan rekan-rekan Guru sudah (sok) sibuk sehingga sedikit saja yang mau update ilmu lagi. Apalagi buat blog.
    Tulisan ini hanya sebagai penyemangat bahwa berubah itu sangat baik asal menuju ke arah yang lebih baik.

    @ Alfred
    Hehehe...coba blogwalking ke tetangga juga nih Mas. Yaa...begitulah, banyak alasan untuk tidak update blog lagi. Semoga segera kembali ke relnya masing-masing.

    Salam Istimewa!

    BalasHapus
  6. Selama ngeblog setengah tahun lebih ini, saya hanya nemui blog guru yaitu mas umar yang konsisten postingnya tentang pendidikan. Kalau perbandingannya 80 : 20, itu sudah sangat ideal mas. Sudah menjadi sifat dasar manusia untuk improvisasi, benar gak mas?

    BalasHapus
  7. Saya setuju untuk me-monetize blog, mas..
    Tidak ada salahnya kita sekedar memasang iklan kumpulblogger atau yang sejenis untuk mendapatkan uang..
    Selain menambah motivasi kita, juga hitung2 pendapatan sampingan selain menyalurkan hobi nulis.. Kenapa tidak..
    hehe :)

    BalasHapus
  8. Meskipun bukan guru, salah satu motivasi saya ngeblog adalah untuk berbagi ilmu dengan saudara-saudara saya di berbagai belahan bumi. Jadi mungkin para blogger bisa juga disebut guru secara nonformal. Saya salut dengan Mas Umar yang konsisten update tentang pendidikan.
    Salam sukses.

    BalasHapus
  9. Salut dengan tujuan mas umar yang ingin merubah dreajat hidup kaum guru melalui blog ini, saya doa kan semoga apa yang dicita-citakan tercapai ya mas.
    salam sejahtera

    BalasHapus
  10. @ Sumartono
    Terimakasih supportnya Mas Sum. Salah satu yang memotivasi blog ini untuk selalu update adalah kesediaan Mas Sum membaca tulisan-tulisan yang ada di blog ini.

    @ Wellsen
    Ya Mas. Memang tidak salah, yang penting jangan lupakan update konten.

    @ Riswanto
    Mas Ris benar sekali. Dari aktivitas blogging kita menjadi semakin banyak informasi dan pengetahuan. Ini adalah budaya yang baik karena pada dasarnya tidak ada manusia yang pintar secara universal. Ada saja ilmu yang tidak kita kita ketahui/miliki. Inilah pentingnya berbagi dan saling melengkapi.

    @ Ricky
    Amiinn...mudah-mudahan rekan-rekan Guru bisa tergerak untuk memanfaatkan media informasi yang lintas batas ini. Dukungan Mas Ricky sangan saya harapkan.

    Salam Istimewa!

    BalasHapus
  11. saya juga support 1000% blog ini mas.. untuk komposisi sih sah-sah saja karena namanya variasi.. unsur bisnis mah hal biasa.. yang penting halal..

    BalasHapus
  12. Uang bisa jadi alasan ngeblog, nggak masalah. Asal untuk tujuan investasi akherat. Nice posting mas Umar!

    BalasHapus
  13. Wah Pak Guru kita muali unjuk gigi nih. Yah, salah satu motivasi yang bisa membuat konsisten blogging adalah UANG Mas. Klo ga gitu ngapain cape2 ngeblog ya to... ya walaupun belum menghasilkan sih..

    BalasHapus
  14. Selamat sore sobat, semoga kualitas puasa kita besok lebih baik dari sekarang.

    BalasHapus
  15. semoga bisnisguru tetep eksis ya mas,
    dan yang lain jadi ikut termotivasi.
    sukses mas Umar

    BalasHapus
  16. Yah... ngga bisa dpungkiri memang mas umar. Uang lah yg membuat semangat blogging itu ada.

    Sama dengan AM.com. Mungkin porsi bisnis online sedikit, malah lebih banyak bahas soal motivasi dan pengembangan diri. But side effectnya, beberapa undangan seminar dateng... ujung2nya ya duit juga.

    Itu menambah semangat yg tadinya memang udah semangat untuk berbagi kebaikan (ilmu) sebagai bentuk investasi jangka panjang ke akhirat sono.

    Nice post.

    BalasHapus
  17. @ Zam
    Oke deh, terimakasih banyak atas supportnya Mas Zam

    @ Agus Siswoyo
    Betul

    @ Winarno
    ya Mas.

    @ sumartono
    Aminn...

    @ candradot.com
    Doakan ya Mas! terimakasih sebelumnya.

    @ arief maulana
    Yang penting ngeblog jalan terus. Bukan begitu Mas Arief?

    @ Web Guru Gratis
    Salam kenal kembali

    BalasHapus
  18. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  19. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  20. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  21. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  22. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  23. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  24. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  25. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  26. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  27. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  28. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  29. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  30. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  31. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  32. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  33. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  34. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  35. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  36. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  37. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

    BalasHapus
  38. Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

    BalasHapus
  39. boleh di coba tipsnya dan artikelnya

    BalasHapus
  40. Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  41. Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

    BalasHapus
  42. Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

    BalasHapus
  43. Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih

    BalasHapus
  44. Saran yang bagus. Mungkin sebagian dari kita juga sudah mempraktekkannya. Makasih infonya

    BalasHapus
  45. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  46. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  47. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus