Selasa, 02 Februari 2010

Adu Argumen di Blog Nyaris Nihil

Ada semacam patron/konvensi tak tertulis antarblogger untuk saling hormat menghormati, sayang menyayangi, tenggang rasa, serta saling toleransi. Patron tersebut menjadi semacam jalan penuntun untuk menjadi blogger sukses. Caranya adalah bermain di wilayah aman. Tidak banyak menimbulkan kontroversi walaupun sekedar adu argumentasi.

Anda boleh setuju atau tidak dengan argumen di atas, tapi begitulah realitanya. Sepanjang perjalanan nge-blog dan mengobrak-abrik jagad per-blog-an di negeri ini nyaris nihil adanya adu argumen antarblogger. Saya mengatakan “nyaris” untuk tidak menafikan bahwa memang masih ada blogger yang mencoba-coba berjalan di area panas tersebut. Namun perbandingannya sangat jauh dengan blogger yang hobi saling menyanjung, saling memuji, hobi mengobral kata yess man!, good!, great!, allright!, dan lain sebagainya.

Pertanyaannya kemudian, mengapa rata-rata blogger konsisten bermain di zona aman dan sebisa mungkin menghindari konflik? ada beberapa jawaban untuk itu:

1.Kritik Mengkritik Bukan Budaya Kita
Jujur atau tidak, budaya kritik mengkritik dalam hal yang positif sekalipun masih dianggap tabu di negeri ini. Anggapan semacam itu ternyata berlaku juga di jagad blogsphere. Kritik umumnya dianggap sebagai penyakit dan sumber masalah. Mengkritik adalah tindakan yang “saru” dan kontraproduktif. Orang yang hobi mengkritik bisa-bisa dimarginalkan dalam pergaulan dan secara bertubi-tubi akan diberondong dengan stempel negatif. Blogger yang iseng mengkritik masih malu-malu sehingga hanya menyentuh pada tataran aksesoris blog semata, belum merasuk pada substansi materi. Padahal, bila kritikan disikapi dengan positif dapat memicu perubahan besar dalam hidup yang bermuara pada kesuksesan. Mengenai pentingnya sebuah perubahan telah dikupas secara spesifik di blog kawan saya Muklis Purwanto. Sedangkan bagaimana contoh kritik yang merasuk pada materi silakan tengok kritikan saya di blog Mas Sumartono serta kritikan untuk tulisan Mas Agus di Blog Mashengky.


2.Sanjungan dan Pujian Lebih Merdu daripada Kritikan
Hmmm…siapa sih orang yang tidak suka dipuji apalagi disanjung? Sesuai dengan tujuh sifat dasar manusia yang pernah saya baca dari salah satu buku impor, setiap orang pada dasarnya senang dipuji dan disanjung. Kalaupun ada yang mengatakan tidak suka dipuji/disanjung, itu hanyalah kalimat verbal sebagai basa-basi pemanis mulut semata. Begitupula di blogsphere, tidak terlalu sulit menemukan pujian dan sanjungan yang bertebaran di kolom-kolom komentar. Apalagi di blog-blog sang master atau blog-blog bernafaskan tutorial. Pujian sudah menjadi santapan sehari-hari. Nikmat disantap dan merdu didengar, begitulah analoginya.

3.Demi Sebuah Tujuan Besar yaitu Branding
Sebagaimana pernah ditulis oleh Mas Arief Maulana, bahwa tujuan pembuatan blog salah satunya adalah untuk branding (maaf, link postingannya belum ketemu, hehe..). Tujuan inilah yang mayoritas menuntun setiap blogger untuk bermain di zona aman dan nyaman. Sebanyak mungkin menanam kata-kata positif (yess!, good!, great!, dll) di blog orang lain agar tercipta nuansa keakraban. Tendensi lanjutannya adalah agar penerima kata-kata positif tersebut merespon balik dengan stigma yang positif pula pada brand yang ia bawa. Namanya juga usaha, tidak ada yang salah dengan tindakan dan sikap tersebut. Namun, alangkah baiknya jika brand yang dibangun juga mengambil kritik sebagai bahan dasar. Dengan begitu, brand betul-betul kokoh jika sewaktu-waktu ada angin topan (kritik tajam) melanda. Karena semua orang telah paham bahwa semakin tinggi sebuah bangunan maka semakin kencang pula angin menerpa.

Agar tidak berkepanjangan, sementara tiga itu saja dulu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Anda boleh menambahi, mengurangi, atau bahkan mengkritisi, agar tulisan ini lebih bergizi.

Salam Istimewa!







98 komentar:

  1. jujur aja, untuk yang ini saya jawab "setuju"
    hanya beberapa orang yang mengambil sikap untuk mengkritik orang lain... yang lainnya hanya ingin berada di daerah aman...

    BalasHapus
  2. kalo saya pribadi, lebih nyaman dgn suasana harmonis seperti itu, mas :)...selama belum ada sesuatu yg benar2 penting utk dikritik..

    BalasHapus
  3. belum lama ini topik tentang ini muncul di blognya mas iskandaria dan mas fadly muin. semua setuju tp sedikit yg mempraktekkan.
    Salam kenal ya, silakan berkunjung ke blog saya, saya butuh kritik dan masukan anda.

    BalasHapus
  4. @ Irfan Hilmy
    Itulah realita blogsphere Mas. Sulit terbantahkan.

    @ Wellsen
    Ya...saya sangat menghargai pilihan apapun. Daerah aman memang selalu nyaman mas.

    @ Suarakelana
    Pertanyaannya kemudian. Kenapa tidak ada yang mempraktekkan? haha...jawabannya kembali ke artikel di atas.

    Salam kenal balik. Segera meluncur ke TKP.

    BalasHapus
  5. hehehe mendapat kritik dari senior adalah hal yang lbh seru daripada pujian menurut saya wkwkwkwk

    BalasHapus
  6. selama ini saya jarang sekali mengkritik...
    kalaupun terpaksa biasanya pake cara sehalus mungkin...
    apalagi yang punya blogger senior hehehe...
    bener deh kata anda...
    budaya kritik bukan budaya masyarakat kita...

    BalasHapus
  7. @ Arief Rizky Ramadhan
    Seru tapi lumayan puedes ya Mas..hehe....
    Biasalah...lama-lama juga enjoy kok. Betul kan Mas?

    @ Iwankus
    Hmmm....bagus juga prinsipnya Mas. "Anda Sopan, Kami Segan" hehe....
    Mudah-mudahan gak kebakaran jenggot aja kalau sewaktu-waktu kritik tajam menghantam.

    BalasHapus
  8. ada juga, kok, komentar temen2 blogger yang tak selalu bernada sanjungan dan pujian semata, mas umar, bukannya saya alergi budaya kritik, bahkan saya sangat suka dikritik. hanya mungkin teman2 bloger yang meninggalkan jejak komentar umumnya juga selalu fast-reading, sehingga selalu menjaga jarak dengan kritikan. mendingan kata2 nice post atau yang lain, hehe ... ketimbang ndak nyambung. saya pernah pakai kata "anarkhis" saja ada juga yang tak sependapat dan itu bagus. yang penting semangat ngeblog ndak pernah luntur, hehe ... salam kreatif.

    BalasHapus
  9. Kritik itu bukan karakter kebanyakan orang dinegri ini ms Umar. Smua pada jaga jarak agar aman ms. Tp juga tidak bs dipungkiri selama itu sanjungan realistis nggak masalah ms, yg khawatir itu comment berlebihan tp nggak baca tulisan aslinya.

    BalasHapus
  10. Hallo Mas Umar, yess... great posting...hehe.
    bener lho ini bukan pujian, tapi memang kenyataannya gitu, tulisan Mas Umar ini cukup menggelitik menurut saya, saya belum bisa nulis dan menganalisa seperti ini ( tapi gaya orang beda ya...).
    menurut saya Mas kalo orang mengkritik itu harus punya dasar pengetahuan yang memadai tentang topik postingan, sebab kalo tidak, sulit juga, mau mengkritik apanya? takutnya nanti asal kritik saja....yang kurang bagus, kalo punya kapasitas untuk mengkritik tapi nggak ngritik, sebab gak ada salahnya ngritik, bahkan menurut saya bagus untuk membranding diri...
    Trims atas sharingnya.

    BalasHapus
  11. @ Sawali Tuhusetya
    Hehe...rupanya masih berkutat di zona aman, ya Pak? Gara-gara ngejar target jumlah komentar (Backlink) akhirnya menempuh jalan fast reading. Hehe...sebenernya lucu juga, tapi apa mau dikata. Masing-masing individu memiliki cara dan motivnya sendiri-sendiri.

    @ Arkum
    Nah itu dia Mas, supaya dapet perhatian lebih dari empunya blog. Sanjungan setinggi langitpun diobral. Hehe...tapi banyak owner blog yang demen juga tho pengunjung model begituan? Urusan baca tulisan gak jadi soal yang penting dapet cendol dari pengunjung, hehe...dilarang tersungging lho yaa...

    @ Yons
    Halah...pujiannya gak ngaruh Mas, hehe...
    Betul juga kata sampean, kritikan yang garing justru hanya membuat blunder. Maunya mengkritik, eh...malah justru dapet berondongan kritik dari pengunjung lain. Bisa berdampak sistemik deh kalau sudah begini. Makanya gak salah tho saya kataken banyak blogger yang bermain di zona aman plus nyaman.

    BalasHapus
  12. salam kenal mas
    apa yang ditulis mas memang realitas di kalangan blogger. bukan berarti saya menyanjung postingan mas kali ini. tapi dalam hal ini saya setuju...kritik masih menjadi barang mahal di negeri ini.

    BalasHapus
  13. Saya lebih condong di zona fleksibel. Kalau memang tulisannya menurut saya sependapat dan masuk akal, tentu gak apa-apa diiyakan atau bilamana perlu dipuji.

    Tapi kalau memang tulisannya bertentangan, tidak relevan atau berbeda dengan argumenku, tentu akan saya kritik atau saya lengkapi.

    Dan jujur, saya sangat suka pada sifat Mas Umar yang korektif, dan saya sangat memakluminya mengingat Mas Umar adalah seorang guru.

    Salam spektakuler kawan!

    BalasHapus
  14. seru abis nih kalau di bahas sampai mengkristal dimana letak poin yang pantas di perdebatkan.

    sebenarnya secara tersirat blogger sudah melakukan kritik sekaligus adu argumen namun dalam kerangka yang berbeda mas. melalui tuilisan-tulisan sebenarnya sudah bisa menjawab.

    memang adu argumen layaknya anggota dewan yang berada dalam satu forum, tentu realitanya berbeda dengan dunia blogging. sangat berbeda.

    sebab lain adalah kepentingan. atas dasar kepentingan inilah yang membuat adu argumen itu tercipta.

    wacana ini sangat menarik.

    BalasHapus
  15. @ pensiun kaya belajar investasi
    hehe...mau muji ya muji aja lah mas, gak usah wagu bgitu. Gak ada pidananya koq. Enjoy aja lah...
    Sip lah mas kl setuju dg poin2 di atas.

    @ Sumartono
    zona fleksibel? Weleh... Ada zona baru tho di blogsphere. Ya baguslh kalo gitu mas. Kritik dan pujian memang gak bisa serampangan. Kudu sesuai sikon dan penempatannya. Maksudnya yg dikritik gak kbakaran jenggot, bgitu pula dgn yg dipuji gak mendadak besar kepala.
    Btw, jd guru memang kudu jeli mas pas ngoreksi, biar gak da efek samping, hehe...

    @ Fadly Muin
    hmmm...kerangkanya berbeda ya mas. Kalau dipikir pikir memang ada benarnya argumen pean. Kerangka itulah akhirny yg membedakan cara dan format kritik antara dunia maya dan dunia nyata. Tapi efek psikologisnya bisa tetap sama koq mas. Bikin merah telinga, ya tho?

    BalasHapus
  16. Hingga hari ini blog masih lebih untuk kepentingan menjalin pertemanan dan sharing. Blog-blog manca negara pun mirip seperti yang di Indonesia. Menurut saya, setidaknya sampai saat ini, blog memang masih lebih pas untuk hal2 seperti itu.

    BalasHapus
  17. Perasaan tadi sudah komeng, kena spam ya mas.

    BalasHapus
  18. Kritik saya buat mas Umar, kok lama nggak segera pindah ke domain dot com ya?

    BalasHapus
  19. @ M Mursyid PW
    blog untuk menjalin pertemanan, hal itu patut kita sepakati bersama. Lain halnya dg blog untuk sharing, masih ada celah untuk mengkritisi selama ada hal-hal yg perlu dikritisi. Dgn catatan kritik beretika dan membangun.

    @ Sumartono
    Maaf mas, mungkn hany kseleo teknis saja. Krn blog ini tdk memasang filter apapun. Semua mengikuti standar teknis Blogger saja.

    @ Agus Siswoyo
    hmmm...kritikannya cukup telak nih.. Tapi cukup membangun. Mudah-mudahan tidak lama lagi, mas.
    Mengenai alasan mengapa tidak segera pindah ke dot com. Insy allah akan sy jawab di posting berikutnya.

    @ Arief Rizky Ramadhan
    enjoy forever mas, thank.

    BalasHapus
  20. artikel ini sehati dengan artikel saya yang ini mas Bahaya Blogging Bagi Kesehatan Mental

    hanya saja artikel mas Umar lebih okeh dan memang tidak ada yang perlu diperdebatkan. semuanya saya setuju... :)

    Salam Kreatif,
    Octa Dwinanda

    BalasHapus
  21. tulisannya bagus mas.
    Sebenarnya nunggu juga sih ada yg kritik. Cuma kadang keknya sulit selama topik bahasannya ber-aura positif.

    Pun kalau ke blog tetangga yg artikelnya bagus bingung juga mau ngritik apa. Makanya alih-alih bilang good, dll saya lebih suka mengomentari bahkan kalau perlu menambahkan. hehehe...

    BalasHapus
  22. Siip deh, saya tunggu dot com-nya.

    BalasHapus
  23. @ online-business-story.com
    A, Mas Octa bisa aja. Sling melengkapi saja lah Mas. Bukankah salah satu tujuan kita ngeblog adalah untuk sharing agar bisa saling melengkapi kekurangan yang ada.

    @ Arief Maulana
    Haha....untung saja blog Mas Arief selalu beraura positif, jadi sangat aman dari ulah para pengkritik yang tidak bertanggungjawab, hehe...
    Ali-alihnya boleh juga tuh, Mas. Layak ditiru.

    @ Agus Siswoyo
    Hehe....Selamat menunggu aja pren.

    BalasHapus
  24. wow mantap euy postingan nya... :lol:
    *cari aman...hiihih*

    BalasHapus
  25. yup..emang betul dan saya 1000% setuju dg artikel diatas,(membebek lagi hehehehe)
    yg jdi pertimbangan biasanya kita blm mengenal secara penuh karakter atau sifat asli para blogger, walaupun kita sdh sering berkunjung balik, shgga sy secara pribadi dn mgkn jg org lain merasa sungkan utk melayangkan kritik atau hal sejenisnya.

    sy prnh pnya pnglmn soal kritk mngkritik tpi di "note" FB, klo di blogger blm, dan akhirnya sy di delete jdi temannya dia, mngkin dia merasa trsinggung dg apa yg sy kemukakan

    BalasHapus
  26. salam, thx yah dah berkunjung balik, dan sekiranya ada tulisan saya yg mngkin bisa anda kritik sy akan terima dg lapang dada

    BalasHapus
  27. Dari pengalaman saya blogwalking, memang saya lebih banyak mengunjungi blog tentang motivasi. Jadinya lebih banyak menerima karena itu perjalanan hidup seseorang.

    BalasHapus
  28. salam super-
    salam hangat dari pulau Bali-
    saya makin suka sama blog ini...
    saya sampe dua kali membacanya...

    BalasHapus
  29. @ Pancallok
    Thanks atas komen dan kunjungannya. Selamat berkunjung kembali.

    @ aguskusuma
    Menyimak kasusnya rupanya masuk kelas berat juga nih, hehe...sampai didelete segala.
    Btw, argumennya boleh juga tuh mas. Memang kalau baru kenal ya gak bisa main semprot aja. Bisa-bisa kena semprot balik yang lebih parah.
    Kritik memang sewajarnya diberikan pada orang yang sudah kita kenal, jadi ada penilaian yang objektif.

    @ A9YnD1LV3R
    Wah, bagus kalau begitu. Dan seharusnya memang begitu.

    @ andry sianipar
    Hmmm...terimakasih atas atensinya. Semoga tidak bosan berkunjung kemari.
    Salam Istimewa!!

    BalasHapus
  30. Kritik mengkritik dadalah bagus dengan tujuan yang jelas, tapi kalo kritik tanpa arah saya rasa jangan deh.

    Sharing yang menarik mas,

    BalasHapus
  31. Jika dilihat dari sudut pandang aksesibilitas Web dan Web usability, sepertinya ada beberapa yang bisa dipertanyakan. Misalnya:
    a) mengapa paragrafnya rata tepi kanan kiri?
    b) mengapa pranala tanpa garis bawah? Hanya berbeda warna. Bagaimana dengan pengguna buta warna?
    c) mengapa masih ada "read more" di single post ini?
    d) mengapa penulisan penomoran di konten ini tidak memakai ol, li?
    Semuanya debatable. Ada pijakan yang bisa dipakai. Pijakan best practice.

    Mungkin benar, tergantung topiknya. Mau dibuat debatable atau hanya sekadar menyampaikan informasi.

    BalasHapus
  32. kebanyakan bloger adalah membagikan info dan saling memotivasi, mungkin jika mengangkat sebuah artikel yg kontroversi akan timbul perdebatan panjang yang tak terelakkan,,, heheee

    BalasHapus
  33. Artikelnya saya jadikan referensi dalam postingan terbaru blog saya Mas. Soalnya bagus banget dan berbobot sebagai bahan refleksi buat para blogger.

    Intinya saya setuju dengan tulisan di atas. Salam kenal aja.

    BalasHapus
  34. Yoi, memang jarang blogger yang terlibat adu opini, mungkin karena adanya hubungan "ewuh pakewuh". Selain itu mungkin cari safe aja.

    BalasHapus
  35. @ Ricky:
    Betul banget Mas. Kritik yang gak jelas, apalagi menimbulkan debat kusir hanya bikin Bete aja.

    @ dani
    Benar Mas, tergantung topik, situasi dan kondisi yang mana kritik masih memiliki ruangnya. Bila tidak, jangan dipaksakan. Bisa berbahaya.

    @ LendraAndrian
    Hehe...memang benar, Mas. Sudah ada buktinya kok, hehe...

    @ Iskandaria
    Salam kenal balik, Mas.
    Satu kehormatan jika menjadikan tulisan di blog ini sebagai bahan referensi. Terimakasih.

    @ Andrik Sugianto
    Mungkin juga begitu, Mas. Atau pengalaman pribadi nih?, hehe...

    BalasHapus
  36. Benar sekali.
    Saya pernah mencoba bermain panas. Caranya, tidak saya lemparkan ke komunitas blogger, melainkan ke milis, yang anggotanya tidak seluruhnya memiliki blog. Itu saya lakukan untuk beberapa artikel di blog www.bahasasiswa.do.am atau www.bahasasiswa.com.

    Akhirnya mendapat komentar kritsis--hingga terjadi perdebatan--dari guru, dosen, pejabat dan masyarat umum.

    Ternyata, nikmat juga.

    BalasHapus
  37. Kalau begitu, buat suatu topik kontroversi, panas, dan berseberangan. Pasti banyak yang menyerang. DIJAMIN!

    BalasHapus
  38. Saya lebih banyak mengkritisi lewat blog post. Bukan lewat kotak komentar.

    BalasHapus
  39. Kalimat yang Indah Didengar adalah pujian dan sanjungan. Lebih Memotivasi Pak!

    Salam dari Kuansing

    Ronaldo Rozalino S.Sn
    BLog Pribadi://ronaldorozalino.blogspot.com

    BalasHapus
  40. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

    BalasHapus
  41. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    BalasHapus
  42. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    BalasHapus
  43. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  44. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  45. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  46. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  47. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  48. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  49. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  50. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimakasih

    BalasHapus
  51. Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

    BalasHapus
  52. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  53. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  54. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  55. Amazing Artikel yang sangat berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

    BalasHapus
  56. Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

    BalasHapus
  57. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    BalasHapus
  58. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  59. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  60. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  61. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  62. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  63. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  64. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  65. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  66. Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

    BalasHapus
  67. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  68. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  69. Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  70. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    BalasHapus
  71. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    BalasHapus
  72. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  73. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimaksih

    BalasHapus
  74. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  75. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  76. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  77. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  78. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimaksih

    BalasHapus
  79. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  80. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  81. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  82. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    BalasHapus
  83. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  84. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  85. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  86. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  87. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  88. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  89. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  90. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  91. Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  92. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    BalasHapus
  93. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    BalasHapus
  94. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    BalasHapus
  95. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    BalasHapus
  96. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    BalasHapus