Minggu, 25 Januari 2009

Haruskah Berbohong dan Berhypo dalam Sales Letter?


Anda pernah membuka website www.formulabisnis.com, kan? Kalau belum, silakan dibuka sekarang! Dan apa yang anda lihat di halaman utama? Ya, itulah contoh sales letter produk SMUO yang dijual oleh pemiliknya Joko Susilo.

Lalu bacalah kalimat demi kalimat yang tertera di sana! Menarik bukan? Begitulah bahasa redaksi sales letter dibuat. Sangat memikat dan meyakinkan agar anda tergoda untuk membeli produk yang dijual. Untuk membuat bahasa yang memikat seperti itu boleh dibilang gampang-gampang susah. Gampangnya karena banyak contoh sales letter yang bisa anda tiru jika anda rajin browsing. Tinggal diedit sedikit dan disesuaikan dengan produk anda, maka jadilah sales letter hasil modifikasi anda. Susahnya jika anda membuat sales letter yang original, maka dibutuhkan seni copywriting agar menghasilkan sales letter yang betul-betul memikat dan meyakinkan. Mengenai teknik copywriting sudah pernah disinggung Mas Wawan Purnama di sini. Kata ”memikat dan meyakinkan” adalah inti dari sales letter. Tanpa itu, alamat sales letter anda melempem. Ujung-ujungnya produk anda pun susah laku.

Berbohong dalam Sales Letter
Kenapa berbohong? Karena berbohong adalah cara yang praktis untuk meyakinkan orang lain. Dan faktanya tidak sedikit produsen yang mengandalkan kebohongan sebagai bumbu utama iklan produknya. Di mana-mana berkoar-koar mengatakan produknya bisa begini bisa begitu. Hingga masyarakat terhipnotis untuk membelinya. Namun begitu dicoba, preeettt...tarnyata mengecewakan karena tidak sesuai dengan gembar-gembornya.

Saya yakin anda dan saya sepakat bahwa berbohong itu tidak baik. Selain dilarang agama juga dapat merugikan orang lain. Anda pun kalau dibohongi mungkin juga akan marah dan mencak-mencak. Lalu bagaimana dengan sales letter? Haruskah memberi bumbu kebohongan agar terkesan meyakinkan dan memikat?

Jika kita telah sepakat bahwa berbohong itu tidak baik seyogyanya ada alternatif lain yang memiliki efek yang sama. Artinya, tanpa berbohong pun sales letter kita akan tetap meyakinkan dan memikat. Mari berembug bersama, dan sebagai urun rembug saya adalah tunjukkan identitas kita secara jelas dalam sales letter. Nomor kontak kita dan para peserta testimonial yang tercantum pun bisa dihubungi sewaktu-waktu alias bukan aspal.

Berhypo dalam Sales Letter
Anda mungkin masih asing dengan istilah ”hypo”. Nah, jika sekarang dikembalikan pada istilah aslinya yaitu ”hiperbola” mungkin anda lebih paham. Jujur saja untuk istilah hypo ini bagi saya juga masih baru. Yaa..kira-kira satu bulanan inilah baru akrab, itu pun kalau tidak salah saya peroleh dari forum kaskus.

Anda sudah mengerti kan apa itu hiperbola? Gampangnya adalah melebih-lebihkan kalimat agar memiliki kesan luar biasa pada informasi yang disampaikan. Kalau anda pernah membaca kalimat ”Ia telah bekerja siang malam peras keringat banting tulang” dan ”Bumi Palestina sekarang banjir darah” itulah contoh kalimat hiperbola. Jika anda analisis maknanya kata per kata jelas tidak seheboh itu. Tapi, apakah kalimat tersebut menipu? bukan. Kalimat tersebut benar dan informasi yang disampaikan pun benar, hanya saja yang digunakan adalah salah satu bentuk gaya bahasa/majas. Kalimat seperti ini rata-rata bisa diterima dan tidak ada yang komplain. Lalu bagaimana jika diaplikasikan dalam sales letter?

Sekali lagi mari kita berembug bersama untuk kebaikan bersama pula. Saya menjunjung tinggi kejujuran dan menurut saya kejujuran dalam bisnis adalah hal yang sangat vital. Nah, sekarang giliran anda yang urun rembug pertama. Silakan!


Salam Istimewa!
BISNIS GURU : Referensi Bisnis Online dan Informasi Pendidikan




45 komentar:

  1. Saya sepakat dengan mas Umar. Belakangan fenomena hypo dalam sales letter sudah tidak bisa ditolerir. Apalagi sales letter yg kental dengan sarat penipuan.

    Sebagai contoh, coba liat di situs http://www.berusahamandiri.com (maaf terpaksa buka kartu, demi edukasi dan kebaikan kita semua). Terutama khususkan di bagian testimoni yang merupakan power utama untuk meyakinkan prospek.

    Bandingkan dengan Sales letter SMUO.

    Untuk SMUO Formula Bisnis, saya tidak ragu dan yakin akan testimoninya, karena memang SMUO telah lama berdiri dan banyak mencetak jutawan-jutawan baru.

    ini beberapa kejanggalan versi saya :
    1. Tampilan situs kurang profesional
    2. Opt in nya ngga pop up
    3. Performa situs kurang optimal
    4. Cover produk ngga mengesankan bahwa itu produk bagus.

    Lho mas... kan jangan liat dari covernya, tapi kualitasnya. Kalau memang yg punya udah sukses ampe bisa ganti mobil mewah, apa susahnya menyewa WEB MASTER yg profesional.

    Duit banyak kok ngga berani pake webmaster profesional.

    Sekali lagi maaf, ini hanya sebagai masukan bagi para newbie yg nantinya juga akan membuat produk sendiri. Hati2 dalam membuat sales letter.

    Saya pribadi saat ini sedang research dan investasi untuk mencari ilmu sales letter yg menjual tanpa harus menipu.

    Salam Sukses,

    ARIEF MAULANA.com - Support Your Success for a Better Life

    BalasHapus
  2. motivator muda = mas arief ya.

    ===============

    KEJUJURAN ADALAH SALAH SATU KUNCI UTAMA KESUKSESAN

    KARENA KEJUJURAN ADALAH HARGA YANG SANGAT MAHAL N TIDAK BISA DIGANTI OLEH UANG(MATA UANG MANAPUN)
    hypo ga ya


    Mari bersama2 melatih kejujuran masing2 dan saling mengingatkan antar sohib tentunya.

    BalasHapus
  3. bagaiamanapun alasannya berbohonh itu kontra-produktif! membunuh mental pejuang kita.

    menurut saya bikinlah sales latter yang realistis denganmenggunakan kalimat2 yang kreatif.

    salam Hebat Mas Umar!

    BalasHapus
  4. tapi nda juga mas asal kita kreatip kata-kata bisa di ubah ubah, tanpa mengurangi nilai atau tujuan, ....fantastic

    BalasHapus
  5. Betul mas tidak harus berbohong. Sentuhlah pengunjung dengan sales letter yang dibalut dengan kejujuran dan hati. Insya Allah klo produknya bagus, akan laku keras..

    BalasHapus
  6. AKSI PENIPUAN FORMULA BISNIS AKHIRNYA DIUNGKAP....

    BalasHapus
  7. @ Motivator Muda
    Pertama agak terkejut juga dengan id barunya. Tapi boleh juga Mas Arief. Mutivator Muda sangat pas buat Mas Arief.

    Terimakasih supportnya. Memang tidak bisa dipungkiri beberapa sales letter di internet ternyata kurang rasional. Entah disengaja atau tidak yang pasti mengurangi brand image produk yang dijual. Produk yang bagus seharusnya juga disupport dengan sales letter yang bagus pula.

    @ Rekanbisnisku
    Oke Mas Dadang, mari kita sama-sama mengingatkan bila ada yang kurang tepat. Apalah artinya uang bermilyar-milyar bila tidak berkah dan kelak akan berubah menjadi bara api yang akan menimbun kita.
    Selain itu, mumpung bisnis internet belum terlalu booming (pelakunya masih bisa dihitung jari) di Indonesia, mari kita selamatkan image bisnis ini. Jangan sampai mengalami nasib serupa dengan MLM.

    @ Fadly
    Ya Mas Fadly. Kreatifitas yang dibalut dengan kejujuran niscaya akan lebih nikmat dirasakan daripada kreatifitas berbumbu kebohongan. Mari berlomba untuk kreatif menciptakan sales letter berkualitas, original, dan jujur.

    @ Syahru Tetepsemangat
    Sepakat Mas Syahru. Makanya dibutuhkan seni copywriting untuk mengotak-atik kata-kata dalam sales letter.

    @ Zamahsari
    Ya Mas Zam! jangan menghalalkan segala cara untuk meraih kesuksesan. Mari berkaya, berusaha, dan berdoa. Lalu menikmati hasilnya sambil bersyukur pada-Nya.

    @ Carabisnis2009
    Maaf Mas! sebelumnya terimakasih atas komentarnya di sini.
    Perlu saya tegaskan bahwa dalam formula bisnis tidak pernah ada aksi tipu menipu. Saya adalah member formula bisnis dan telah merasakan manfaat produk SMUO bagi saya. Bila ada member lain yang belum bisa merasakan hasilnya jangan lantas menyalahkan produknya tapi silakan mengoreksi diri apa yang kurang pada dirinya.
    Ibarat kita diberi dua buah kail yang sama, apakah lantas akan menghasilkan jumlah ikan yang sama.
    Salam hangat untuk anda dari BISNIS GURU. Semoga tidak bosan berceloteh di sini.

    BalasHapus
  8. iya sekarang banyak banget tuh sales letter
    banyak juga yang Hiperbola
    tapi ngga langsung percaya de
    harus dianalisa tuh sales letter beneran apa nda diliat dari exsistentsinya, dll
    posting ini menjadi acuan buat saya dalam menjalani bisnis internet
    Very Usefull ^_^
    thanks yah

    BalasHapus
  9. Minggu sore... JJS (Jalan-Jalan Sore) alias Blog Walking. Mampir sejenak di blog Mr Guru... Sayangnya sy blm bisa komentar banyak terkait "berbohong" atau "hypo" mas, karena mmg sy blm pernah bikin sales letter hehe.. Blm punya produk yg hrs di sales kan sih.. Tp sy sangat setuju, dalam segala hal kejujuran itu penyelamat. Sebaliknya, mungkin kebohongan di sales letter akan membuat "tampak" bagus, tp akan bertahan berapa lama?? Pada saat terungkap maka nasib buruk bisa mampir sewaktu-waktu.

    Suskes selalu deh buat semuanya... Terima ksaih kalu ada yg mau mampir di Blog sy.

    BalasHapus
  10. Walah pak guru semenjak lulus CPNS makin njlimet bahasanya, saya sampai harus baca selama 15 menit untuk memahaminya, pak setahu saya semua yang berlebihan itu tidak baik, jujur dan apa adanya di tambah bumbu doa saya yakin itu lebih baik dan lebih bermanfaat.
    salam sukses, silahkan tenggok 4 dasar meraih sukses di http://www.blogbisnis muklis.co.cc
    di offline saya sudah terapin 4 dasar untuk sukses walau belum semua tapi sudah terbukti sekarang saya sudah menjadi manager traininig (bukan maksud sombong lho pak)
    Tapi di online baru 2 point yg saya kerjakan tapi jg alahamdullah sudah ada hasil walau belum sesuai keinginan. TETEP SUKSES YA PAK

    BalasHapus
  11. Nasehat dalam agama mengatakan, "Bagaimamapun serapihnya menyimpan bangkai, pasti akan tercium juga."
    So mulai sekarang bagi netter yang akan launching produknya, postingnya Pak Guru kita kali ini sungguh bermanfaat.

    BalasHapus
  12. @ Andri Ristiawan
    Sikap Mas Andri sangat tepat. Bijaksana dan cermatlah dalam memilih produk yang dipromosikan lewat sales letter. Ini demi kelangsungan jangka panjang terhadap bisnis online. Sayang sekali jika bisnis yang spektakuler ini harus tercoreng karena adanya oknum yang menggunakan kebohongan dalam berpromosi.

    @ Muklis
    Wah, jadi gimanaaa gitu disambangi sama pak Manager, hehehe...
    Hebat kawan! selamat ya! sudah sukses perjuangannya meraih kursi manager training.
    Pastinya 4 resep dasar meraih sukses dari Mas Muklis akan saya aplikasikan juga. Biar bisa sukses seperti Mas Muklis.
    Semoga kita bisa sukses di dua dunia.

    @ Sumartono SE
    Kalau sudah di nash-kan di dalam agama berarti kita semua harus instropeksi dan hati-hati. Mari membuat sales letter yang kredibel, memikat, dan meyakinkan tapi tetap jujur. Gimana ya?

    BalasHapus
  13. Hahaha... saya coba membidik keyword baru mas.
    Masih seputar dunia motivasi juga. hehehe

    BalasHapus
  14. salles letter adlah bagian pertama untuk memikat pembeli, jadi harus dibuat sebagus mungkin, yang pasti jgan sampai berbohonglah dengan fakta isi web kita atau apa yang kita tawarkan dengan pembeli.

    salam sukses ya

    BalasHapus
  15. kalau jujur tidak dilarang kenapa harus tidak jujur ya. hayo rame-rame pada jujur, SMUO saya menghasilkan, yang tidak menghasilkan dari SMUO siapa... sudah sejauh mana mengenalkan SMUO... kalau beli SMUO lalu di simpan saja ya gak ada artinya. intinya saya sepakat kalau SMUO itu menghasilkan.. tidak bohong.

    BalasHapus
  16. Sulit juga sih mas, bedain mana produk yg bagus dan tidak... soalnya dalam sales letter semuanya mengaku yg terbaik... padahal dalam berbisnis kejujuran haruslah diutamakan, tapi kalo jujur produknya jadi nggak laku ya? dilema sekali...hehehe

    Salam
    GARDU BISNIS

    BalasHapus
  17. @ Motivator Muda
    Oke deh, turut mensupport saja atas action-action Mas Arief.

    @ Yanuar
    Sepakat Mas Yanuar. Memang seharusnya begitu.

    @ Endro S.
    Mudah-mudahan yang tidak jujur itu segera sadar dan kembali ke jalan yang benar. Keuntungan yang diperoleh dari ketidakjujuran cepat atau lambat akan berbalik menjadi kerugian yang sangat besar. Siap-siap saja, menikmati hukum tabur tuai.

    @ J Purnomo
    Sebenarnya tidak ada yang perlu didilematiskan Mas Pur. Junjunglah kejujuran maka kejujuran akan berbalik menjunjungmu. Makanya, mumpung masih ada waktu, angkat dulu personal brand kita dengan menciptakan diri sebagai manusia jujur. Jika ini tercapai, tanpa berbohong pun sales letter kita akan tetap memikat dan meyakinkan.

    BalasHapus
  18. pak guru setuju dengan sales letter JS? hmm coba cek lagi deh, apa bener tuh?

    BalasHapus
  19. Klo awalnya dah bohong..sy yakin kesuksesannya juga hanya kan sementara..

    thanks infonya mas..
    kayanya bagus nih jadi motivator..he3

    BalasHapus
  20. @ Rekanbisnisku
    Selamat pagi juga kawan!

    @ Mashengky
    Saya mendukung produk SMUO. Produk yang sangat berkualitas dan multi efek. Untuk sales letternya memang ada beberapa poin yang saya anggap perlu diperbaiki. Nah, untuk itulah saya menulis artikel ini agar kita belajar menjadi lebih baik. Saya yakin Pak Joko sagat mengerti dengan kelemahan yang ada dalam sales letternya dan saya yakin juga beliau akan tersenyum bangga jika kita bisa memperbaiki kelemahan itu dalam sales letter kita.

    @ Trik Yuwie
    Saya sepakat dengan argumen anda Mas Redi. Kebohongan akan membawa pada kehancuran dan kejujuran akan mengantarkan kita pada keselamatan dan kejayaan.
    Yang ingin jadi motivator sudah ada Mas, namanya Mas Arief Maulana, hehehe...masak lupa sih.

    BalasHapus
  21. Haruskah Berbohong dan Berhypo dalam Sales Letter?

    Kalo bisa siy jangan bohong ... karena bohong itu DOSA,,,,

    Tapi, bahasa Sales Letter khan bahasa bohong, bahasa dagang, ... ya pembaca sales letter udah pada tahu kok kalo kebohongan, melebih-lebihkan, berlebihan itu hal yang biasa dalam struktur bahasa sales letter ..

    Konklusinya:
    Harus ada pembelajaran dan nilai plus lainnya dari produk yang dihantarkan dalam sales letter dimaksud....


    maaf kalo sox tahu ....

    BalasHapus
  22. seneng deh kalo jalan-jalan kesini

    BalasHapus
  23. saya kira kredibilias owner sebuah produk jauh lebih penting dari pada sales letter yang bombastis...jadikan internet sebagai saran yang membantu kita dalam hal memudahkan sebuah pekerjaan dan jangan gunakan internet untuk membuai sebuah mindset orang awam...(so, create your nice sales letter...full honesty and trust)
    Salam...

    BalasHapus
  24. @ DECIB
    Hehehe...Mas Decib saja tahu kalau berbohong itu dosa.

    Maaf, saya baru tahu lho Mas kalau bahasa sales letter itu bahasa bohong. Memang begitu ya? Boleh tahu analisis argumennya?

    @ REKANBISNISKU
    Sering-sering jalan kesini saja Mas Dadang. Dijamin selalu ada yang maknyus, hehehe...

    @ AGUNG JATNIKA
    Sepakat Mas Agung! memang begitulah seharusnya. Untuk itulah perlu usaha ektra dalam Personal Branding, bukan begitu?

    BalasHapus
  25. Masalah hypo. saya sendiri tertarik dengan hypo ini sejak 8 tahun yang lalu. Tapi baru sadar akan kekuatan hypo sejak kenal Formula Bisnis.
    Hypo bukanlah senjata ampuh yang tunggal untuk keperluan bisnis. Karena kejujuran-lah yang berada diperingkat pertama pada faktor yang menentukan kesuksesan sebuah bisnis maupun karir & mental seseorang..Rumusannya adalah : Bukan membuat Hypo ayng bagus..Tapi Membuat Hypo yang benar..

    O iya.. Thx link-nya Pa Guru Umar..

    BalasHapus
  26. wah ,, , saya setuju dengan pendapat anda pak guru ...

    kejujuran yang utama .. .

    http://abalashare.blogspot.com/2009/01/mengenal-bisnis-online-part2.html

    BalasHapus
  27. hampir 99.01% semua bisnis online dan sales letter mereka adalh hypo jadi kita jangan sampe beli kucing dalam karung.

    sedikit tips untuk yang mau jual produk. sebaiknya di sales letter di beritahukan tiap judulatau paling tidak daftar isi dan manfaat buku tersebut, bukan janji muluk2 cepat kaya dalam sales letter tersebut.

    BalasHapus
  28. @ Wawan Purnama
    Berarti menjadi PR bagi kita semua untuk menghasilkan Hypo yang benar. Mudah-mudahan Mas Wawan bisa menjadi pionirnya nanti.

    @ Abala
    Oke. Anda sudah mengerti ternyata, hehehe...

    @ Adi Wardana
    Hmmm...lumayan besar juga statistiknya. Padahal hypo sendiri adalah fakta yang sedikit dilebih-lebihkan dengan maksud mempengaruhi orang lain. Kasarnya adalah ya berbohong itu. Gimana ya? jangan-jangan malah banyak yang khawatir membeli produk yang dipromosikan lewat sales letter, hehehe...

    BalasHapus
  29. Salam kenal dan sukses bagi anda semua.

    Tanpa hypo sekalipun, jika produk itu bagus dan bermanfaat, siapa yang tidak mau beli.

    Nah kuncinya sekarang ada pada diri kita masing-masing, buat suatu produk yang bagus dan bermanfaat dan utamakan jujur.

    SMUO adalah buktinya.

    Sukses untuk anda semua.

    BalasHapus
  30. thanks untuk infonya\

    artikel nya sungguh bermanfaat


    thanks

    BalasHapus
  31. Sangat berguna sekali nih informasinya salam kenal gan...

    BalasHapus
  32. terimakasih gan untuk semua ilmunya,baik dari ulasan topik artikelnya maupun komennya teman-teman.

    BalasHapus
  33. dalam membuat iklan memang lebih sering menggunakan hiperbola untuk menarik perhatian,namun perlu juga mengutamakan kwalitas dan kepuasan pelanggan,. trikamakasi untuk artikel yang menarik.

    kunjungi website kami juga,untuk penawaran terbaik dan jasa SEO yang handal

    Garskin Laptop

    Jasa SEO

    Jual Sepatu Wanita

    Jasa SEO Murah

    Sutrisno

    BalasHapus
  34. artikel yang menarik dan memang banyak sekali iklan dengan hiperbola yang terlalu berlebihan,dan tidak jarang mengecewakan.artikel yang sangat bermanfaat trimakasih

    kunjungi website kami dealer dan rental mobil tepercaya
    Dealer Honda Malang
    Dealer Toyota Malang
    Rental Mobil Lombok
    Jual Truck Hino Surabaya


    BalasHapus
  35. artikel yang menarik dan bermanfaat,perlunya memperhatikan kepuasan konsumen dan bukan hanya keuntungan semata dengan iklan yang menarik.

    percayakan jasa analisa pada kami,
    Jasa analisa data Malang
    Jasa analisa data Statistik Malang

    BalasHapus
  36. ulasan menarik tentang sales letter,salam sukses selalu trimakasih

    kunjungi dealer terpercaya dimalang dan surabaya
    Suzuki Malang
    Dealer Suzuki Malang
    Dealer Suzuki Surabaya

    BalasHapus
  37. sales letter yang menarik,akan lebih baik jika mengutamakan kepuasan konsumen,artikel yang sangat menarik trimakasih

    dapatkan pelayanan terbaik rental mobil di malang,medan surabaya dan bali hanya di
    Rental Mobil Surabaya
    Rental Mobil Bali
    Rental Mobil Medan
    Rental Mobil Malang

    BalasHapus
  38. ulasan menarik tentang sales letter,bermanfaat sekali.

    dapatkan pelayanan terbaik agen wisata pulau pari
    Agen Wisata Pulau Pari

    BalasHapus
  39. artikel sangat bermanfaat sekali terimakasih

    BalasHapus
  40. ulasan menarik sales letter,terlalu banya hiperbola dan melupakan kepuasan konsumen memang terasa sangat mengecewakan..
    sangat bermanfaat terimakasih.

    pastikan konsultasi SEO terbaik dan terpercaya pada kami
    Rektor SEO, Konsultan SEO
    Dosen SEO, Pakar SEO
    Rektor Marketing, Pakar SEO Marketing
    Rektor Jualan, Pakar Jualan Online

    BalasHapus
  41. terimakasih untuk artikelnya,bermanfaat dan menambah pengetahuan terimakasih banyak,salam sukses selalu

    dapatkan penawaran terbaik dan memuaskan pada kami
    Jual Sepatu Boots
    Jual Jeans Murah
    Jual Tiket Pesawat Murah
    Drilling Indonesia, Borepile Indonesia

    BalasHapus
  42. artikel yang sangat menarik,terimakasih salam sukses

    BalasHapus
  43. tak sengaja mampir ke blog ini
    setelah baca2 ternyata isinya sangat bagus dan bermanfaat sekali untuk pengunjung

    salam kenal,
    sewa mobil solo
    toko bunga semarang
    gantungan kunci karet
    parabola semarang

    BalasHapus